SISWA SD JUARA CIMAHI BELAJAR CARA MEMBUAT SIM

CIMAHI. Kreatifitas satu kata kunci yang penting dalam mengelola pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Guru Juara yang kreatif menghadirkan kegiatan pembelajaran di kelas yang tidak monoton dan yang terpenting berhasil mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Pembelajaran tematik kelas 2 SD Juara Cimahi yang dibawakan oleh Ibu Rika Ulfiati, S.Pd menerapkan pembelajaran dengan metode roleplay. Metode ini dipilih dengan harapan anak-anak lebih berperan aktif dalam pembelajaran, materi yang disampaikan mudah diingat karena anak belajar sambil melakukan dan terutama selalu dipenuhi dengan keceriaan dan semangat.

Pada KBM kali ini, Senin (06/08), kelas dua sedang belajar tentang dokumen-dokumen penting pribadi. Setelah pekan sebelumnya anak-anak diajak mengenal dokumen kependudukan yaitu KTP dan bagaimana cara membuatnya.

Pekan kemarin Bu Rika mengajak anak-anak mengenal dokumen pribadi SIM dan cara pembuatannya. Agar lebih mudah difahami dan dikuasai anak-anak, Bu Rika menerapkan metode Roleplay dalam pembelajaran kali ini.

Anak-anak diajak seolah-olah sedang berproses membuat SIM di kantor kepolisian. Beberapa anak berperan sebagai petugas pembuatan SIM sementara anak-anak lainnya berperan sebagai masyarakat yang akan membuat SIM untuk kendaraan bermotor.

Walaupun kegiatan diselenggarakan dikalam kelas, setiap tahapan pembuatan SIM disimulasikan dari mulai mengajukan formulir, cek kesehatan, tes praktik, photo dan cetak SIM.

Selain anak-anak aktif mengikuti kegiatan ini, mereka pun bisa mengingat dengan baik semua tahapan pembuatan SIM.

“Alhamdulillah dengan metode Roleplay seperti ini, semua anak terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan saat dievaluasi anak-anak bisa memahami dan mengetahui tahapan pembuatan SIM” ujar Bu Rika.

Newsroom
Jajang Sudarsa / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi