SMP JUARA PEKANBARU ADAKAN WORKSHOP PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

SMP JUARA PEKANBARU ADAKAN WORKSHOP PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTERPEKANBARU. Senin, (10/4) SMP Juara Pekanbaru melaksanakan kegiatan workshop Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan program PPK yang sudah di laksanakan sebelumnya di Jakarta bulan lau. SMP Juara Pekanbaru merupakan salah satu sekolah yang menjadi Piloting di Provinsi Riau.

Kegiatan yang ditujukan untuk para guru ini diikuti oleh sebanyak 12 orang. Salah satu yang menjadi pembicaranya adalah Adi Hamdani, S.Pd dan Kepala Sekolah SMP Juara Pekanbaru, Syahrul Padilah, S.Pd.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 13.30 – 15.30 yang bertempat di aula SMP Juara Pekanbaru. Dalam materinya disampaikan bahwa ada 5 karakter yang akan diimplementasikan yaitu relegius, nasional, mandiri, gotong royong dan integritas. Kelima karakter tersebut dilakukan melalui program sekolah, diantaranya pembelajaran di luar dan di dalam kelas, ekstrakurikuler, ko kurikuler, kegiatan keagamaan, dan masih lagi cara lainnya. Fokus gerakan PPK adalah melalui olah raga, olah pikir, olah rasa dan olah hati.

Implementasi program PPK juga dihubungkan dengan core value yang merupakan nilai inti yang akan dicapai oleh siswa sekolah juara. Ada 3 nilai utama yang di implementasikan yaitu relegius, kecerdasan dan sosial emosional. Dalam kesempatan workshop ini disampaikan teknis memasukkan nilai inti dan PPK ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan kertas Kerja PPK.

“Para guru sangat antusias mengikuti program ini, karena dengan program ini akan memudahkan penanaman karakter kepada siswa.” Ungkap Syahrul Padilah, Kepala Sekolah SMP Juara Pekanbaru.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan praktek langsung yang dilakukan oleh guru-guru untuk memasukkan nilai inti ke RPP Pembelajarannya.

Newsroom/Dian Ekawati

Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi