SUCCESS PRINCIPLE

Salam

Salam Perubahan …

Alhamdulillah dengan segala keterbatasan yang saya miliki, saya memulai kembali untuk menuliskan artikel tentang visi dan pemikiran saya tentang perubahan yang sedang di gulirkan. Setelah sepekan kemarin kami marathon mencoba untuk menyelesaikan program restrukturisasi rumah zakat supaya bisa keluar menjadi lembaga yang profesional, efektif dan efisien. Alhamdulillah saya kembali bisa menulis artikel, pada tulisan kali ini akan mengangkat tema Success Principle, harapannya setelah kita berkutat dengan program restrukturisasi ini kita bisa menyelesaikannya dengan happy ending dan kesuksesan yang nyata. Selamat menikmati pesta perubahan. SALAM PERUBAHAN …

Dalam Buku ?The Success Principles? yang disusun bersama oleh Janet Switzer, Jack Canfiled dijabarkan, jika Anda ingin sukses dalam setiap tindakan Anda, ada 4 hal yang harus Anda miliki yaitu :

1. Goal (Tujuan),

2. Action (Tindakan),

3. Improvement (Peningkatan), dan

4. Persistence (Ketahanan).

Yang pertama adalah Goal atau Tujuan.

Dalam hidup ini Anda tentunya memiliki sesuatu yang ingin Anda raih, ingin Anda dapatkan dengan seluruh usaha Anda, dan itulah yang menjadi Tujuan Anda. Kata kunci terpenting disini adalah kata ?Anda?. Apabila Anda telah menemukan apa yang menjadi tujuan Anda, jagalah fokus Anda pada tujuan tersebut. Percayalah bahwa impian Anda tersebut bisa diraih dan Anda sendiri yang akan meraihnya. Impian Anda adalah benih kesusksesan Anda sendiri. Kemudian tulislah impian Anda secara detail, kapan Anda akan meraihnya, dan bagaimana Anda akan mengusahakannya. Ini akan membantu Anda untuk memfokuskan tindakan Anda, juga memberi Anda sense of commitment dengan diri Anda sendiri untuk memenuhi impian tersebut.

Sebelum Bruce Lee menjadi sangat terkenal, ia menulis surat bagi dirinya sendiri yang isinya adalah ?Pada tahun 1980 saya akan menjadi Bintang Asia yang paling terkenal di Hollywood dan menabung sebesar 10 juta Dolar. Sebagai gantinya saya akan memberikan akting terbaik saya di depan kamera dan hidup dengan tenang dan damai. Bruce Lee tahu apa yang benar – benar dia inginkan, kapan ia harus meraihnya, dan ia menuliskannya untuk membuat komitmen yang kuat bagi dirinya sendiri dalam memenuhi impiannya. Kenyataannya, hingga saat ini, ia menjadi salah satu legenda di Hollywood.

Dalam konteks Rumah Zakat Indonesia kita telah menetapkan tujuan kita yang tertuang dalam Visi Rumah Zakat Indonesia yaitu menjadi LEMBAGA ZAKAT NASIONAL YANG UNGGUL DAN TERPERCAYA, inilah tujuan yang senantiasa harus memotivasi kita untuk mewujudkan visi kita. Silahkan kita buka buka kembali RJPP (Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang) kita yang pernah disampaikan dalam rakernas-rakernas kita terdahulu, kita akan melihat tulisan tulisan dan mimpi kita yang, tahun demi tahun mimpi mimpi tersebut terus menjadi kenyataan . Kita akan lihat RJPP kita sampai 2008 akan terrealisasi. ALLAHU AKBAR.

Setelah mengetahui Tujuan Anda, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah Action atau Tindakan.

Ambillah sebuah tindakan nyata untuk mewujudkan mimpi Anda. Jangan lagi menunda – nunda tindakan Anda dengan alasan ?Belum waktunya?, atau ?Tidak ada pengalaman di bidang itu?, atau ?Tidak punya modal?. Anda hanya perlu bertindak dan segalanya akan datang dengan sendirinya. Sekarang adalah waktunya Anda bertindak, pengalaman akan Anda pelajari setelah Anda mulai bertindak, dan modal akan datang bila Anda bertindak untuk mencarinya. Bila Anda merasa takut atau ragu – ragu, hadapilah ketakutan atau keraguan Anda dan lanjutkan tindakan Anda. Jangan dulu merasa pesimis, tidak mampu, atau takut gagal. Dibalik setiap kesusksesan akan ada setumpuk kegagalan yang menjadi pembuka jalan bagi kesuksesan tersebut. Mulailah bertindak untuk mewujudkan impian Anda secara nyata. Just Do It.

Di Rakornas Desember 2005 dalam presentasi Dewan Pengawas, Abu Syauqi menuliskan beberapa kata yang tidak boleh ada dalam kosa kata kita karena it adalah kata kata para pecundang simaklah kata kata ini : Kayaknya sulit, kita tidak bisa besar, prakteknya tidak semudah yang kita bayangkan, uang nya dari mana dan lain lain. Dalam masa masa transformasi ini, mungkin kita mengalami berbagai macam kendala dan tantangan. Tetaplah yakin kita akan bisa melewatinya dengan baik dan kita akan keluar sebagai pemenang nya. YAKINLAH BAHWA KITA DI TAKDIRKAN UNTUK BESAR.

Apabila Anda telah memulai action Anda, jangan pernah lupa untuk melakukan improvement atau peningkatan.

Teruslah bertanya pada diri Anda ?Bagaimana saya bisa membuatnya lebih baik?? atau ?Bagaimana saya bisa menjadikannya lebih efisien?? atau ?Bagaimana saya bisa membuat ini menghasilkan lebih banyak profit??. Carilah mentor, senior, atau orang yang telah sukses di bidang yang Anda geluti dan belajarlah dari mereka. Berkonsultasilah pada mentor yang dapat Anda percaya untuk mendapatkan umpan balik yang membantu Anda dalam berkembang. Jangan pernah menolak kritik. Meskipun tidak sedap didengar, kritik merupakan salah satu umpan balik yang sangat efektif untuk memperbaiki kekurangan Anda. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memotivasi diri Anda sendiri untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan. Catat dan rayakanlah tiap keberhasilan dan peningkatan yang telah Anda raih untuk memotivasi diri Anda sendiri di masa depan.

Dalam kontek Rumah Zakat Indonesia, inilah yang sedang kita senantiasa upayakan, sebuah email dari teman di jogya mengingatkan akan hal ini. Perubahan didasari oleh rumus D x M x P. D adalah dissatisfaction atau ketidak puasan terhadap kondisi saat ini. Rasa ketidakpuasan ini mendominasi kita untuk terus memacu pikiran kita untuk bisa mengelola lembaga yang sekarang ini telah memiliki 27 kantor, 372 SDM dan dengan pengelolaan dana sekitar 45 M ini (mei 2005 – januari 2006 termasuk PC, BLN dan Qurban) dengan lebih baik, lebih efektif dan efisien. Dengan semangat itulah kita melakukan TRANSFORMASI DARI TRADISIONAL KE PROFESIONAL

Hal terakhir yang harus Anda miliki adalah Persistence atau ketahanan.

Meskipun Anda memiliki tujuan, kemampuan bertindak, dan kemauan untuk berkembang, tapi bila Anda tidak memiliki ketahanan metal, Anda tidak akan dapat meraih sukses. Ketahanan ini berkaitan dengan kesungguhan Anda dalam melaksanakan setiap tindakan dan usaha Anda. Ketahanan akan membuat Anda bangkit lagi dari setiap kegagalan Anda dan berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap tindakan Anda. Amatlah penting dalam perjalanan Anda menuju sukses, Dalam kontek Rumah Zakat Indonesia, saat ini mungkin kita merasakan betul ketahanan ini di uji, sepekan kemarin dari senin sampai sabtu di kantor pusat rapat rapat marathon di gelar, paling cepat kami pulang bada isya, sabtu kemarinpun 21/01/06 kami bermalam mingguan di kantor samapai jam 20.30, begitupun di kantor – kantor cabang mengalami hal yang sama dimana banyak instruksi dan perintah dari pusat yang membutuhkan dukungan dengan cepat. Pengalaman sangat berharga untuk bisa kita perbaiki di kemudian hari. Ketahanan mental yang membuat kita konsisten melakukan transformasi.

Hal penting yang juga sangat membantu dalam mewujudkan sukses Anda adalah dengan bergaul dengan orang yang sukses, atau lebih sukses dari Anda. Banyak orang tidak mau melakukan hal ini karena tidak suka merasa minder atau ?kalah bersaing? dengan rekannya. Buang jauh – jauh pikiran tersebut! Anda tentu sudah menyadari bahwa lingkungan pergaulan akan mempengaruhi setiap tindakan dan sikap Anda. Dengan bergaul bersama orang yang sukses, secara perlahan Anda akan belajar untuk bersikap dan bertindak seperti dirinya. Dengan demikian, Andapun kelak akan bisa meraih sukses seperti kawan Anda.

Anda juga harus mulai mengambil tanggung jawab penuh pada setiap hal yang Anda lakukan. Jangan lagi menyalahkan hal – hal diluar diri Anda untuk setiap kegagalan yang terjadi. Sesungguhnya, Anda bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan dengan memberikan tindakan yang tepat pada setiap situasi. Namun kebanyakan kita justru menunda tindakan tersebut dengan berbagai alasan. Jangan ragu untuk menolak hal – hal yang tidak Anda inginkan dan laksakan setiap hal yang harus dilakukan hingga selesai dengan tuntas. Jangan pernah mengabaikan intuisi Anda. Anda hanya perlu membiasakan diri mendengar intuisi Anda dan membedakannya dari keraguan diri, dan intuisi ini akan semakin tajam seiring dengan bertambahnya pengalaman Anda.

Biasakan diri Anda untuk memberikan pujian kepada siapapun dengan tulus. Pujian memiliki kekuatan yang sangat besar untuk memotivasi, mempererat hubungan, dan membawa Anda menjadi social magnet. Social magnet adalah orang -orang yang menjadi pusat perhatian dalam pergaulan. Mereka adalah orang – orang yang dengan mudah dapat membuat orang berkumpul disekitarnya dan memberikan kesan yang dalam. Social Magnet mempunyai kesempatan sukses yang jauh lebih tinggi.

Salam Perubahan

– V D E –

Tags :
Konfirmasi Donasi