TERTAWA MENGURANGI RESIKO PIKUN

tertawaSemakin Anda menua maka akan semakin menurun juga daya ingat Anda. Semakin tua usia manusia maka kepikunan juga akan menyerang. Namun ternyata ada satu obat yang mujarab yang bisa mengurangi resiko terjadinya pikun. Obat mujarab tersebut adalah tertawa.

Seperti yang dilansir oleh lifehacker.co.in, tertawa ini dipercaya bisa mengurangi bahkan mencegah terjadinya pikun. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Loma Linda, tertawa bisa menurunkan tingkat stres seseorang. Tertawa ini ternyata bisa menurunkan produksi zat kimia yang disebut kortisol, efeknya akan menyebabkan penurunan atau hilangnya neuron hippocampal. Ingatan manusia akan bekerja lebih baik ketika otaknya tidak stres.

Tertawa ini rupanya juga membantu terlepasnya endorfin dan dopamin pada otak yang menimbulkan rasa senang dan gembira. Hal ini juga akan menyebabkan perubahan pada kinerja otak dan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik.

Bagi Anda yang rentan terkena stres atau tekanan alangkah lebih baik untuk sering tertawa. Cobalah untuk menghibur diri dengan menonton film dengan genre komedi. Ini akan membuat Anda bebas stres dan jauh dari pikun. Selamat mencoba.

Sumber: liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi