TETAP SEHAT MESKI DUDUK BERJAM-JAM

duduk-berjamjamDuduk seharian? Punggung pegal, leher yang kaku, dan pinggang sakit adalah sejumlah efek samping dari duduk berjam-jam. Memang ada sejumlah gangguan kesehatan yang akan muncul ketika Anda setiap hari harus duduk berjam-jam di depan komputer, seperti naiknya risiko terkena diabetes dan kanker, hingga kematian. Namun, jangan khawatir, berikut beberapa tips dari Huffingtonpost.com yang bisa Anda ikuti agar bisa duduk berjam-jam dengan risiko minim terkena gangguan kesehatan.

Posisi Kepala dan Leher
Mata harus sejajar dengan ujung atas komputer atau sepertiga bagian atas komputer. Selain itu, layar monitor harus lurus dengan wajah Anda.

Posisi Lengan dan Siku
Lengan dan siku diletakkan sejajar dengan meja Anda tanpa harus membuat Anda membungkuk atau terlalu menaikkan punggung ketika bekerja menggunakan komputer. Siku tangan Anda harus membentuk sudut 90 derajat.

Posisi Punggung
Sebisa mungkin gunakan kursi yang memiliki bantalan punggung. Punggung Anda membentuk sebuah kurva dan bentuk kurva tersebut harus dijaga agar punggung Anda tidak cepat lelah.

Posisi Kaki
Usahakan agar posisi kedua lutut Anda condong ke bawah dan agak lebih rendah daripada pinggul Anda. Dengan begitu, kedua paha Anda bisa tetap sejajar dengan kedua telapak kaki yang langsung menapak di atas lantai. Usahakan kedua kaki Anda benar-benar menapak lantai dengan lurus.

Selain memperhatikan posisi duduk Anda, Anda juga perlu setiap beberapa menit sekali melakukan gerak tubuh. Bisa cukup dengan jalan di tepat, atau melakukan gerakan untuk melemaskan beberapa anggota tubuh. Siap kembali bekerja dan berkarya?

Sumber: liniberita.com

 

Tags :
Konfirmasi Donasi