TIGA PANTANGAN SEBELUM TIDUR

medium_433-pantangan-sebelum-tidurUntuk menjaga kesehatan dan juga merasakan tidur nyenyak, sebaiknya tidak melakukan 3 hal ini sebelum tidur malam.
Apa sajakah hal yang dimaksud?

1. Makan malam sebelum tidur

Sebenarnya, tidak salah jika kita mengkonsumsi makanan pada malam hari. Asalkan tidak makan berat dalam jangka waktu 4 jam sebelum tidur.

Sebaiknya tidur dengan lambung yang kosong, karena diperlukan waktu sekitar 4 jam untuk mencerna makanan, maka berikan jeda waktu 4 jam dari sejak makan sampai waktu tidur. Mengapa demikian?

Jawabannya adalah karena saat tidur, tubuh mengeluarkan hormon pertumbuhan 30 menit setelah kita terlelap. Ini adalah hormon yang berperan pada pertumbuhan dan bertugas untuk memecah lemak.

Syarat agar hormon pertumbuhan dapat keluar dengan sempurna adalah lambung harus kosong. Jika hormon pertumbuhan keluar pada saat tidur, maka proses penguraian lemak akan semakin meningkat dan tubuh berada dalam keadaan siap membakar lemak. Hasilnya tubuh akan mudah menjadi langsing.

2. Menonton TV atau bermain hape sebelum tidur

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa menonton televisi atau berselancar di internet dengan hape sebelum tidur akan mencegah tubuh untuk segera terlelap. Atau mencapai tahap tidur paling pulas.

Sinar terang dan berkedip yang keluar dari layar akan sangat mengganggu mata, serta menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi membuat orang tertidur. Matikan semua alat elektronik sekitar satu jam sebelum waktu tidur.

3. Terlalu banyak memikirkan masalah sebelum tidur

Terlalu banyak memikirkan suatu masalah sebelum tidur dapat mengakibatkan timbulnya perasaan tegang.

Kecemasan, gelisah, stres merupakan penyebab paling umum orang mengalami mimpi buruk sebagaimana laporan yang dipublikasikan dalam Postgraduate Medical Journal.

Usahakan tidur dalam keadaan pasrah dan ikhlas, serahkan segala urusan pada Allah. Berdoa dengan sungguh-sungguh agar hati menjadi tenang dan khusyu setiap akan terlelap.

Sumber: ummi-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi