TIGA PILAR PENTING

Oleh Rachmat Ari Kusumanto
Chief Executive Officer Rumah Zakat

Sobat Zakat yang dimuliakan Allah,
Segala syukur kita panjatkan kepada Allah yang telah memperkenankan kita pada Februari ini kembali dapat bersilaturrahim, saling mendoakan dan saling menguatkan kepercayaan melalui sharing informasi. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada teladan kita Rasulullah Muhammad SAW. Pada Rihlah Kerja Nasional (Rikernas) 2011 di Ciwidey, Bandung 3-6 Januari 2011 lalu, Rumah Zakat menetapkan tiga issue penting yang menjadi konsentrasi perbaikan dan pengembangan utama di 2011. Pertama, Human Capital Excellence. Kedua, Empowering Excellence. Ketiga, Service and Caring Excellence. Tentang manusia, program pemberdayaan dan pelayanan.

Dalam bidang pengembangan SDM, pada tahun 2011 ini kami akan meneruskan program pengukuran kinerja SDM berbasis Balance Score Card (BSC) yang di dalamnya setiap amil mendapatkan Key Performance Indicator (KPI) yang jelas, program Know Your Product (KYC) terus dijalankan termasuk melalui rangkaian tes per triwulan, hingga penerapan remunerasi berbasis PAGE (Poor, Average, Good, Excellence) System. Melalui rangkaian program ini lembaga maupun masing-masing SDM/amil dapat mengetahui bagaimana raport kinerja setiap amil baik per bulan, triwulan, semester dan satu tahun. Informasi ini akan semakin memudahkan pemetaan talent dan pengembangan SDM sesuai fungsi maupun spesialisasinya.

Fokus kedua, adalah pengembangan program pemberdayaan. Sebagai lembaga pemberdayaan sosial tentu wajah program adalah wajah lembaga. Donatur pun tidak terlalu mempersoalkan berapa pencapaian donasi Rumah Zakat, yang lebih banyak ditanyakan adalah seperti apa sih program-programnya, jalan atau tidak, apa keunggulannya dibanding yang lain, dan sebagainya. Kata kunci yang sedang kita kembangkan dalam Empowering Excellence ini adalah Sustainibility (keberlangsungan terus-menerus). Kami upayakan Zakat, Infaq, Shadaqah dan program donasi Sobat Zakat dapat terus memberi kemanfaatan yang panjang dan memiliki nilai kemandirian. Dalam Rumah Lentera edisi kali ini Sobat Zakat dapat mencermati beberapa rangkai program 2011 dan potret-potret pemberdayaan yang telah Rumah Zakat lakukan.

Fokus ketiga adalah pelayanan. Care with Character menjadi tagline pelayanan Rumah Zakat. Kami mengusahakan setiap layanan yang keluar dari diri setiap amil bukan sekedar karena tuntutan SOP kerja melainkan sebagai bentuk kecintaan dan implementasi kita kepada ajaran nabi kita tercinta Rasulullah Muhammad SAW yang dengan lengkap dan terperinci mengajarkan tentang kemuliaan akhlak termasuk dalam melayani.

Karenanya untuk mensukseskan tiga program utama tersebut dengan segala kerendahan hati kami mengharap dukungan, masukan bahkan pembelajaran dari sobat zakat untuk membawa lembaga ini semakin amanah dan profesional. Akhir kata, bersama Rumah Zakat, mari Merangkai Senyum Indonesia!

Tags :
Konfirmasi Donasi