TIPS MENGATASI RASA KANTUK

ngantuk Manusia di jaman modern ini paling banyak mengalami kekurangan jam tidur. Bahkan masyarakat menganggap bahwa tidur 2-3 jam sudah menjadi bagian dari hidupnya. Padahal apa yang kita rasakan belum tentu begitu adanya dalam tubuh kita.

Sesibuk dan sedewasa apapun kita, mengurangi jam tidur bukanlah hal yang baik untuk dibiasakan. Tubuh kita membutuhkan jam tidur untuk mendetoks tubuh, terutama bagi mereka yang sangat sibuk atau sedang diet. Tapi kalau ada satu momen di mana Anda merasa ngantuk berat akibat kurang tidur, Anda bisa menggunakan metode ini.

Membasahi Wajah
Beranjak dari tempat Anda dan mengambil air untuk mencuci muka bisa menjadi salah satu cara untuk menyegarkan kembali wajah yang mengantuk dan lelah. Lakukan beberapa kali bila perlu dan jangan lupa gunakan pelembab.
Memijat Telinga Atau Kepala Pijatlah area kepala atau telinga yang bisa membantu Anda melancarkan sirkulasi darah. Dengan demikian Anda bisa mengurangi rasa kantuk dan merilekskan otot yang tegang akibat mengendalikan agar tubuh tetap terjaga dalam keadaan ngantuk.

Minum Air Putih
Anda bisa mengonsumsi air putih untuk membantu menyegarkan diri dari dalam. Cara ini memang sangat alami dan aman dibanding Anda mengonsumsi kopi. Namun kalau Anda membutuhkan rasa manis yang membuat Anda cerah kembali, tambahkan sedikit gula atau madu agar lebih sehat.

Stretching/Naik Turun Tangga
Cara ini bisa membuat sistem kardiovaskuler lebih aktif dan tubuh tak merasa jenuh. Dengan begitu tubuh akan kembali ‘bangun’ dan segar dalam beberapa menit.

Hirup Udara Segar
Mungkin Anda membutuhkan asupan oksigen lebih banyak. Gunakanlah waktu Anda berjalan-jalan di luar. Menghirup udara segar sambil bergerak bisa membuat metabolisme lebih aktif fan berjalan maksimal.

Bila kadar mengantuk Anda makin besar, jangan paksakan diri Anda. Lebih baik menepi bila Anda di jalan dan istirahat sejenak. Daripada tidak fokus dan konsentrasi gagal, malah akan menyebabkan masalah lain. Beri waktu bagi tubuh Anda beristirahat dan cukupi kebutuhan tidur Anda.

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi