TIPS MENGONTROL BB ANAK

obesitas-anak-_140811090754-671Tak sedikit anak-anak yang memiliki berat badan berlebih. Ini lantaran mereka memakan apa saja tanpa terkontrol. Mulai dari susu, es krim, cokelat, permen, fast food, soft drink dan lainnya. Tapi mereka sedikit berolahraga. Nah, ingin menghindarkan anak dari berat badan berlebih coba ikuti tips berikut ini seperti di bawah ini.

Untuk sarapan, jangan pilih muesli (campuran sereal, buah-buahan, kacang-kacangan) yang garing atau yoghurt buah, tapi pilihlah oatmeal, roti cokelat gelap, daging dan ikan. Sedangkan untuk makan siang, jangan makan fast food atau roti putih tapi pilih roti cokelat, daging, ikan dan sayuran.

Saat makan di meja makan, sajikan makanan dalam porsi dari dapur bukan dalam panci atau wajah yang disajikan di meja makan. Dan untuk menu makan malam, dalam satu porsi piring harus ada setengah sayuran, seperempat nasi cokelat, pasta atau kentang dan seperempat ikan rendah lemak atau daging rendah lemak.

Selain itu, tunggu 20 menit sebelum makan makanan lainnya. Beri waktu tubuh untuk merasa kenyang. Juga rasakan kepuasan setelah makan.

Tips berikutnya adalah membatasi makanan. Dalam sehari, konsumsi hanya dua potong buah. Dan makan fast food hanya sebulan sekali. Begitu juga makanan manis seperti permen, cukup konsumsi seminggu sekali dan snack atau makanan ringan hanya sekali dalam seminggu. Batasi pula konsumsi jus, es teh, cokelat, soda dan es lemon hanya sekali dalam seminggu, totalnya hanya setengah liter.

Bukan hanya itu, usahakan pergi ke sekolah dengan sepeda atau jalan kaki. Juga lakukan aktivitas fisik dengan rutin seperti menari, main bola tangan atau senam. Juga lakukan aktivitas fisik bebas seperti berjalan atau bersepeda setelah pulang sekolah, berjalan bersama hewan peliharaan keliling komplek atau bermain trampoline.
Tak hanya itu, batasi pula menonton layar televisi, bermain dengan layar monitor ataupun tablet. Paling tidak hanya dua jam per hari. Dan jangan mengakses televisi atau komputer sampai pukul lima sore. Dan terakhir cobalah untuk tidur lebih awal.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi