TIPS MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN MEMORI OTAK

otak-manusia-_120818124942-415Memori otak dan konsentrasi Anda menurun? Adakah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan memori dan konsentrasi, dilansir dari Body and Soul.

1. Kosongkan pikiran Anda
Meskipun tergoda untuk terus memikirkan semua hal yang harus Anda lakukan, lebih bermanfaat untuk membersihkan pikiran setidaknya beberapa menit sehari. Meditator mengatakan, mereka lebih fokus. Dalai Lama pernah berkata, “Aku punya hari sibuk dimasa depan, maka aku harus bermeditasi dua kali lebih lama.”

2. Herbal

Ada beberapa solusi alami yang bisa membantu mempertajam pikiran. Ginko biloba memiliki khasiat mengobati insufiensi otak. Rempah-rempah lain yang bisa meningkatkan konsentrasi dan memori otak adalah brahmi, pegagan, rosemary, dan sage.

3. Makanan otak
Otak bergantung pada aliran glukosa darah. Tanpa makanan otak, Anda mungkin akan mudah lelah, lekas marah, lapar, mual, dan pusing. Waktu klasik dimana tingkat gula darah rendah berkisar antara pukul 15.00-16.00 setiap hari. Anda bisa menjaga kadar glukosa darah dengan makan makanan kecil setiap dua sampai tiga jam.

Sarapan sangat penting dan harus mencakup beberapa protein, seperti telur atau kacang panggang. Banyak orang minum kopi untuk mengurangi rasa kantung mereka. Secangkir atau dua cangkir kopi akan meningkatkan aliran darah lebih cepat dan membuat pikiran lebih jernih. Namun, hanya minum satu cangkir saja sehari.

4. Musik dan pikiran
Studi yang dipublikasikan Journal of Nature menunjukkan siswa sekolah dasar yang bepartisipasi dalam kelas musik memiliki keterampilan membaca dan matematika yang tinggi. Musik memiliki irama 60-80 denyut per menit sehingga membuat Anda lebih tenang dan santai. Kebetulan, jantung manusia memiliki irama yang sama. Cobalah mendengarkan musik klasik, seperti Pachelbel, Debussy, dan Bach setiap santai.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi