TIPS MUDIK MENGGUNAKAN MOTOR

mudik-sepeda-motorMudik menggunakan sepeda motor kini telah menjadi opsi alternatif para pemudik. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan para pemudik sepeda motor, yakni waspadai pencurian.

Untuk mengindari hal tersebut, TMC Polda Metro Jaya memberikan sedikit tips agar kita terhindar dari pencurian sepeda motor.

Saat sedang beristirahat, pastikan mengunci kontak dan simpan kunci dengan baik di tempat yang benar. Sebagian besar pencurian motor terjadi ketika kontak pada posisi off tetapi motor dalam kondisi tidak terkunci. Jika bisa, kunci garpu depan atau cakram dengan kunci yang besar dengan warna yang menyolok. Hal ini dilakukan agar pencuri tahu kalo anda sudah waspada sejak awal.

Jika anda bepergian dengan pengendara lain, dekatkan kendaraan anda dan kunci kunci secara bersamaan bila kendaraan tidak digunakan. Namun jika berkendara sendiri, anda bisa mengunci kendaraan ke tempat yang aman, dan tidak dapat dibongkar semisal tiang lampu.

Alarm selalu mampu mengagetkan siapa saja yang memegang kendaraan anda. Pasang alarm di kendaraan bermotor Anda. Terutama jika anda selalu harus jauh dari kendaraan.

Ketika berpergian dan menginap di Hotel atau losmen, usahakan cari yang mempunyai kamera CCTV. Carilah kamera security dan parkir kendaraan anda dalam jangkauan penglihatan kamera. Jika tidak mungkin, parkir kendaraan anda dekat dengan tempat menginap anda.

Selalu perhatikan kendaraan anda. Ketika memarkir di keramaian, cek kendaraan anda secara periodik, utamanya setelah meninggalkan kendaraan anda dan pastikan tidak ada orang mencurigakan yang mengintai kendaraan anda.

Jika parkir di garasi, blokir motor anda dengan mobil, tutup pintu garasi dan pastikan terkunci. Untuk surat-surat kendaraan, jangan menyimpan BPKB di bagasi, tempat barang atau kantong sadel. Tempat teraman untuk BPKB adalah di rumah. Pastikan STNK dan Kartu asuransi ada pada anda ketika berkendara.

Beri tanda unik dan ambil gambar kendaraan anda. Hal ini dilakukan jika pencuri berhasil mengambil kendaraan anda. Dengan tanda yang unik, kemungkinan besar motor anda lebih cepat terdeteksi saat berada di jalanan. Tunjukkan tanda unik dari kendaraan anda ke kepolisian menggunakan foto yang Anda ambil.

Terakhir, berhati-hati dalam memberikan informasi yang bersifat pribadi baik di tempat tinggal, kerja maupun tempat lain. Hal ini dilakukan karena siapa tahu mereka nantinya akan mengincar tempat pribadi anda untuk mencuri sesuatu.

Sumber: liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi