TIPS SEHAT SAAT MUDIK LEBARAN

Lebaran tinggal minghitung hari, sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut hari kemenangan setelah satu bulan puasa. Tak terkecuali dengan umat muslim di Indonesia. Rutinitas yang tak boleh lepasa saat menyambut lebaran adalah mudik. Tradisi mudik sudah mengakar di masyarakat. Mudik yang berarti mulih dilik dalam bahasa Jawa, artinya pulang sebentar. Pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sanak saudara. Pada umumnya mereka melakukan perjalanan ke kampung halaman seminggu hingga H-1 sebelum lebaran.

Beberapa tempat umum, seperti stasiun, terminal, pelabuhan hingga bandara dipenuhi dengan aktivitas masyarakat yang akan bermudik. Pilihan transportasi juga menentukan kenyamanan tiap orang saaat berkendara. Memilih mengendarai mobil untuk bermudik juga bisa dilakukan asalkan Sobat harus tahu medan yang ditempuh dan kondisi kendaraan. Beberapa persiapan yang perlu Sobat perhatikan adalah kondisi kesehatan sebelum bepergian. Pastikan kesehatan Sobat terjaga sebelum melakukan mudik.

Tips sehat lainnya yang bisa Sobat lakukan adalah konsumsi makanan yang bergizi sebelum dan pada saat di perjalanan. Ingin tahu tips sehat mudik saat lebaran secara lengkap? Yuk simak tips sehat mudik saat lebaran di bawah ini!

  1. Istirahat cukup

Tidurlah selama 6-8 jam agar saat mengemudi dalam kondisi yang prima.

  1. Cek ke Dokter

Konsultasikan dengan dokter bila merasa kurang sehat untuk mendapatkan perawatan yang tepat sebelum mudik.

  1. Sediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa

Tempatkan kudapan dalam wadah tertutup agar tetap higienis. Usahakan untuk tidak membeli makanan dan minuman yang dijajakan di pinggir jalan karena paparan polusi dan debu pada makanan tersebut.

  1. Bawalah obat-obatan pribadi yang diperlukan selama perjalanan
  2. Jangan mengemudi saat mengantuk

Menepilah dan beristirahat sejenak untuk mengembalikan stamina.

  1. Berhentilah sejenak untuk relaksasi dan melemaskan otot-otot yang kaku.

Sumber: Tanyadok.com

 

Tags :
Konfirmasi Donasi