TRANSISI KEPEMIMPINAN

Salam.

Selama masih ada pemimpin, pasti ada transisi kepemimpinan. Pergantian kepemimpinan dan tantangan akibat pergantian itu adalah bagi sang pemimpin baru setua umat manusia. Tantangan-tantangan itu tidaklah lebih ringan karena kompleksnya organisasi modern dan kian pesatnya irama bisnis. Jadi, jika Anda merasa kelebihan beban dalam posisi baru Anda, itu berarti Anda berada di perusahaan yang bagus.

Adalah penting bagi Anda untuk memiliki peta perjalanan dari tindakan yang akan Anda lakukan dengan posisi baru tersebut. Dan Anda harus memegang kendali penuh atas masa-masa awal transisi. Kenapa? Karena, transisi adalah masa-masa kritis dimana perbedaan sekecil apapun dalam tindakan Anda bisa berdampak besar akibatnya. Pemimpin, di level manapun, berada dalam posisi paling rentan pada beberapa bulan pertama di posisi baru karena ia kurang mengetahui secara rinci tantangan yang dihadapi dan apa yang dibutuhkan untuk mengatasi tantangan itu. Ia juga belum mampu mengembangkan sebuah jaringan relasi untuk menopang keberadaannya. Kegagalan menciptakan momentum pada bulan-bulan awal jelas akan membentangkan pertarungan berat pada masa jabatan Anda selanjutnya. Membangun kredibilitas dan meraih sejumlah kemenangan awal akan memberikan titik pijak yang kokoh bagi keberhasilan jangka panjang.

Berikut adalah tips bagi Anda yang sedang menjalani menuju sebuah peran baru :

1. Anda perlu mempelajari bagaimana cara mendiagnosis situasi Anda dan mendapatkan persepektif jernih soal tantangan dan kesempatan pada situasi itu.

2. Anda akan menilai kekuatan dan kelemahan Anda serta mengidentifikasi kelemahan pribadi terbesar anda dalam situasi yang baru Anda alami.

3. Anda perlu mendapatkan waasan mengenai bagaimana mempelajari organisasi baru dan menetapkan prioritas Anda secara lebih tangkas

4. Anda perlu mempelajari bagaimana mendiagnosis dan memadukan strategi, struktur, dan kecakapan organisasi Anda

5. Anda perlu unuk membangun tim, menjalin koalisi, dan merekrut sau jaringan penasihat dan konsultan pendukung dalam transisi itu.

(disarikan dari 90 Hari, Michael Watkins)

Salam Perubahan !!!

(BRN-04120118)

Tags :
Konfirmasi Donasi