2 TAHUN BERDIRI, KEUNTUNGAN KELOMPOK TANI TERNAK BINAAN RUMAH ZAKAT MENINGKAT

Kelompok tani ternak Mindajaya merupakan bentuk pemberdayaan yang di inisiasi oleh Rumah Zakat sejak 2018 dan pada bulan Juli lalu kelompok ini berhasil menjual sebanyak 50 ekor domba.

BANYUMAS, RUMAH ZAKAT – Kelompok tani ternak Mindajaya merupakan bentuk pemberdayaan yang di inisiasi oleh Rumah Zakat sejak 2018. Kabar baiknya, pada bulan Juli lalu kelompok ini berhasil menjual sebanyak 50 ekor domba dengan rentang harga 2-3,5juta.

“Total kambing yang kami jual ada 50 ekor yang dipelihara oleh 5 orang peternak. Total omset 130 juta sehingga rata-rata harga kambing 2,6 juta per ekor. Terimakasih Rumah Zakat yang telah memberi modal untuk kami buatkan kandang besar sehingga muat banyak,” ujar Darum selaku sesepuh dan kordinator kelompok, Selasa (04/8).

Tidak hanya itu, hasil dari penjualan tersebut bisa meningkatkan pendapatan anggota dan pengurus kelompok. Jika dihitung dari satu ekor kambing, rata-rata peternak bisa untung 500.000r sehingga satu orang peternak dalam enam bulan penggemukan kambing ini bisa untung 5juta dalam 6 bulan atau dengan kata lain program pemberdayaan masyarakat ini bisa meningkatkan/menambah penghasilan petani/peternak 830.000 per bulan.

“Terimakasih mas Achri yang sudah menjualkan kambing-kambing kami ke kota sehingga tidak kebanyakan nawar harga,” tambah Darum.

Newsroom

Aris Bandiantoro/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia