28 RELAWAN RZ PEKANBARU DAN PADANG DIKUKUHKAN

RZ LDKO CilegonPADANG. Sebanyak 28 Relawan RZ baru yang merupakan gabungan Relawan Pekanbaru dan Padang dikukuhkan pada penutupan Pendidikan Dasar (Diksar) Relawan RZ 2014, Minggu (28/12) Siang di Lapangan Bumi Perkemahan Kasang, Padang Pariaman.

Sebanyak 30 calon Relawan RZ yang merupakan gabungan dari Pekanbaru dan Padang masing-masing berjumlah 15 orang mengikuti rangkaian kegiatan Diksar Relawan RZ 2014 selama 4 hari 3 malam yang dimulai pada Kamis (25/12).

Selama kegiatan, para calon relawan mendapatkan beberapa materi terkait dari kesiapsiagaan relawan di lapangan dalam menghadapi bencana ataupun turun aksi penyaluran. Kegiatan dibuka pada kamis (25/12) pagi di depan halaman kantor cabang RZ Padang. Dan dilanjutkan dengan longmarch dari by pass padang menuju lokasi bumi perkemahan.

Pada hari pertama, peserta mempersiapkan bivak (tempat istirahat) masing-masing yang dibuat dari plastik terpal. Dan pada sore harinya dilakukan apel sore. Dan malam dilanjutkan kegiatan perkenalan antara relawan dan calon relawan. Pada kegiatan perkenalan ini juga dipaparkan program-program Relawan masing-masing cabang. Dari Padang di pimpin oleh Korel Padang yakni Fauzan sedangkan Pekanbaru diwakili oleh kordiv Humas yakni Al Razi Izzatul Yazid.

Pada Hari kedua, diawali dengan shalat shubuh berjamaah dan dilanjutkan dengan senam pagi serta apel pagi. Calon Relawan memperoleh materi pemasangan dan pembongkaran tenda pleton oleh tim TAGANA Padang yang di wakili oleh Dodi. Selain itu juga mendapatkan materi PPGD (pertolongan pertama gawat darurat) dari Tim bantuan medis FK UNAND dan pada malam harinya mendapatkan materi Dapur Umum dari Relawan RZ Padang.

Sedangkan hari ketiga, calon relawan memperoleh materi kerelawanan dari Relawan RZ Pekanbaru Fahrur Rozy, materi manajemen posko dan evakuasi darat dari perwakilan Basarnas Padang, materi radio Komunikasi dari perwakilan RAPI Padang dan materi survival oleh Mapala UNP.

Dan pada hari terakhir, calon relawan mempraktekan ilmu yang diperoleh dalam simulasi tanggap bencana gempa bumi. Selama kegiatan berlangsung terdapat 1 orang relawan mengundurkan diri. Dan setelah melaksanakan simulasi kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh pembina upacara langsung BM RZ Padang. Dan selepasnya dilakukan kegiatan pengukuhan relawan dengan prosesi pengambilan scraf Relawan di atas pohon dengan membuat menara manusia.***

Sumber : http://www.utusanriau.co/?/det/10227

Tags :
Konfirmasi Donasi