30 MENIT PENUH MAKNA DI SD JUARA CIMAHI

CIMAHI. Salah satu keterampilan yang penting dimiliki oleh manusia di zaman modern seperti ini adalah kemampuan membaca dan menulis. Dengan membaca kita bisa menyerap berbagai informasi yang berkembang dengan sangat cepat. Sementara menulis adalah upaya untuk memetik dan memahami serta mengkomunikasikan arti atau makna dari apa yang telah dibaca.

Sebagai upaya melatih kemampuan literasi baik membaca dan menulis di SD Juara terdapat kegiatan “Reading Time”. Walau hanya dialokasikan 30 menit setiap harinya, namun diharapkan cukup membantu mengembangkan keterampilan tersebut.

Salah satu aktifitas dalam keguatan Reading Time yang terekam hari Selasa kemarin (28/8) adalah kegiatan siswa kelas 5 dalam membuat tulisan tentang apa yang telah mereka baca.

Suhud Syamsul Hakim, S.S.i selaku walikelasnya memberikan panduan kepada sisiwa untuk menuliskan hasil bacaannya masing-masing dalam format AIH (Apa? Isi dan Hikmah) atau AIR (Apa? Isi dan Respon).

Anak-anak kelas 5 pun nampak begitu bersungguh-sungguh menuliskan resume hasil bacaan mereka. Dan akhirnya merekapun mampu membuat resume tersebut dengan baik.

“Dalam waktu yang relatif singkat namun dilakukan secara berkelanjutan setiap hari di SD Juara Cimahi, semoga kemampuan membaca dan menulis siswa semakin hari semakin meningkat” ujar Suhud.

Newsroom
Jajang Sudarsa / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi