6 KIAT MEMOTIVASI DIRI DALAM BEKERJA

Oleh Lilik Nur Kholidah
Rumah Zakat-Medan

 

Jika seorang manusia belum pernah menjalani ujian dan cobaan, maka manusia tersebut lebih sukar merasakan sesuatu yang indah dalam kehidupannya, karena ujian dan cobaan akan membuat kita mampu mendalami makna hidup di dunia ini. Namun terkadang ujian dan cobaan itu membuat kita menjadi tak bersemangat untuk menjalankan kehidupan ini. Mental demikian bukanlah mental seorang  yang bertaqwa, sebaiknya semua itu membuat ia lebih dekat lagi dengan Sang Pencipta, untuk meminta jalan keluar dari ujian dan cobaan yang ada.

 

Jadikan Rasa Rasa Takut  Sebagai Dosa Terbesar
Rasa takut melanggar ketentuan Allah SWT merupakan fitrah yang diberikan kepada manusia. Rasa itu dapat kita kendalikan atau dihindari dengan selalu mengingat Allah SWT bahwa, Dia dekat dengan kita, bagaimana pun keadaan kita. Dengan menjadikan rasa takut sebagai suatu dosa terbesar dalam diri kita, maka membuat kita menjadi yakin dalam membuat langkah-langkah atau keputusan.

Jadikan Sabar Sebagai Keberanian Terbesar
Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bersabar, (QS. Al-Baqarah 2:153). Ini merupakan sebuah janji dari Allah SWT kepada kita bahwa, jika kita bersabar dalam menjalankan kehidupan ini maka Allah akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada diri kita.

Jadikan Putus Asa Sebagai Kesalahan Terbesar
Katakanlah: Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, (QS. Az Zumar 39:53). Seberapa besar kita berbuat salah, atau seberapa banyak kita gagal dalam menjalani bisnis atau usaha, maka jangan berputus asa dari rahmat Allah. Karena Allah tidak menyukai orang-orang yang berputus asa.

Jadikan Pengalaman Sebagai Guru Terbesar
Dengan melihat hal-hal yang pernah kita lakukan pada waktu yang lampau (hal-hal yang baik maupun yang buruk), maka kita menjadikan hal-hal tersebut sebagai pengalaman bagi diri kita untuk menggapai hari esok yang lebih baik dengan memperbaiki hal-hal yang kurang baik pada waktu yang lampau.

Jadikan Pekerjaan Sebagai Rekreasi Terbesar
Dan katakanlah: Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghoib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan, (QS. At Taubah 9:105). Kerja merupakan sebuah kemampuan makhluk hidup yang ada di dunia ini untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dengan bekerja dan berusaha, setiap makhluk hidup akan dihormati dan dihargai 

 

Jadikan Ikhlas  Sebagai Kunci Sukses Terbesar
Kunci dari semua amalan yang baik yang dikerjakan secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri adalah keikhlasan. Ikhlas itu membawa kita kepada Allah. Allah menyuruh kita untuk selalu ikhlas, seperti dalam firman-Nya: Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus (ikhlas), dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus, (QS. Al Bayyinah 98:5).

Tags :
Konfirmasi Donasi