[:ID]6 PERSIAPAN MENYAMBUT RAMADHAN [:]

[:ID]Ramadhan adalah tamu agung yang kedatangannya selalu dinanti-nantikan tanpa mengharap untuk ditinggalkan. Itulah mengapa ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut kedatangannya.

Layaknya sebuah persiapan seremonial akbar menyambut tamu kehormatan, maka berbagai persiapan harus dilakukan agar ibadah di bulan Ramadhan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw. Persiapan yang dilaksanakan adalah bentuk upaya menyambut kemuliaan dan keistimewaan amal shalih yang dihadirkan oleh Ramadhan.

Berikut adalah 6 hal yang harus dipersiapkan dalam rangka menyambut Ramadhan, antara lain:

1. Mempersiapkan Iman

Memperkuat dan mempertajam iman adalah modal utama dalam melandasi semua pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan. Iman yang kuat mampu membuat penyambutan hingga pelaksanaan ramadhan akan mendapatkan landasan dan suntikan spirit yang luar biasa. Iman pulalah yang diseru Allah kepada umat yang akan menjalankan ibadah Ramadhan.

2. Meningkatkan Pemahaman tentang Amaliah di Bulan Ramadhan

Peningkatan pemahaman mengenai amaliah Ramadhan dilaksanakan dengan memahami dan menguasai petunjuk-petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunah serta pedoman amaliah Ramadhan baik dari segi lahiriyah dan bathiniyah.

3. Bertaubat kepada Allah dan Ishlah kepada Sesama Manusia

Sebab bulan Ramadhan adalah bulan berkah, yang keberkahannya akan hadir bagi pribadi yang suci dari dosa kepada Allah dan kepada sesama. Maka penting bagi kita untuk bertaubat kepada Allah dan meminta maaf pada sesama manusia.

4. Persiapan Manajemen Amal

Memelihara bibit amal shalih yang akan disiram,dirawat dan dibesarkan di bulan Ramadhan. Misalnya, memperbanyak shaum di bulan sya’ban dan lain-lain. Memiliki harapan dan target amal shalih yang akan dilatih dan ditingkatkan saat Ramadhan, seperti khatam Qur’an, berazam untuk mengikuti pengajian rutin, meningkatkan sedekah, memperluas silaturahim dan lain sebagainya.

5. Persiapan Doa 

Bulan Ramadhan adalah bulan qabulnya doa. Akan lebih utama jika saat menyambutnya kita mempersiapkan doa dan permohonan yang akan disampaikan khususnya saat ramadhan. Memahami kaidah dan adab berdoa yang disyariatkan sehingga doa yang dihantarkan berpeluang besar mendapatkan balasan dari Allah Swt.

6. Mempersiapkan Rezeki yang halal dan thoyib.

Hal ini dilakukan agar di bulan Ramadhan kita bisa menjalankan amaliah dengan lebih maksimal khususnya bisa menunaikan zakat dan sedekah sesuai ketentuan.

Enam hal persiapan diatas ialah sedikit dari sekian banyak persiapan lainnya yang dapat kita lakukan dalam rangka menyambut kedatangan tamu yang agung dan mulia bernama Ramadhan. Mari kita sambut kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan, keimanan, dan keikhlasan. Semoga kita dapat meraih berbagai  keutamaan yang dibawa oleh Ramadhan dengan memperbanyak melakukan berbagai amal shalih dan ibadah secara optimal. Aamiin.

sumber: republika.co.id[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia