AGNES MINERVA, PASIEN TUMOR MATA KEMBALI TERSENYUM

RZ_pekanbaruIMG_8120PEKANBARU. Agnes Minerva, pasien tumor mata asal Pekanbaru kini telah kembali tersenyum. Ia kembali berkunjung ke Rumah Bersalin Sehat Keluarga (RBSK) pada Rabu(22/5). Agnes mendapatkan fasilitas operasi gratis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. “Setelah mendapat edukasi tentang proses mendapatkan kartu Jamkesma, akhirnya Agnes dapat pemeriksaan gratis di RSCM Jakarta. Prosesnya cukup panjang, dari RT/RW sampai RSUD Arifin Ahmad. Pada pemeriksaan kedua, Agnes mendapat jadwal operasi.” ujar Emi Susanti, Healthcare Management Rumah Zakat Pekanbaru.

Setelah mendapatkan jadwal operasai, Agnes menerima bantuan untuk transportasi operasinya dari Rumah Zakat. “Kami membelikan tiket ke Jakarta sebesar Rp1.500.000. Program bantuan kesehatan langsung ini memang diberikan tiap pekan bagi masyarakat kurang mampu. Sampai saat ini Rumah Zakat sudah menyalurkan 970 bantuan kesehatan langsung.” kata Emi. Agnes mengalami tumor mata sejak dua tahun lalu. Bolamatanya membengkak sebesar bola pingpong. Tumor membuat satu matanya tidak bisa melihat lagi. Operasi mata yang dilaluinya di RSCM Jakarta dilakukan untuk mengangkat bolamatanya. Meski sekarang hanya memiliki satu mata Agnes tetap ceria. “Sudah lama saya tidak melihat senyumnya, senang sekali rasanya. Sekarang Agnes bisa sekolah lagi tanpa harus sakit dan malu diejek karena mata yang membesar akibat tumor,” tutur Lenny Hutabarat orangtua Agnes Minerva.

Sesaat setelah mengalami operasi, Lenny mendapat keterangan dari dokter bahwa retina mata putrinya masih berfungsi. “Retina maranya disumbangkan untuk pasien lain karena kornea matanya sudah tidak bermanfaat untuk Agnes.” ujar Lenny.  Kini Agnes hanya memiliki satu mata. Mata yang sudah mengalami operasi diganti dengan mata palsu untuk menutupi bolamatanya yang sudah dioperasi. “Meski perban masih menempel di matanya, dia tetap tersenyum.” kata, Emi Susanti.***

Newsroom/Linda handayani
Pekanbaru

 

Tags :
Konfirmasi Donasi