AJARKAN KEJUJURAN MELALUI WAWANCARA DAN TULISAN

AJARKAN KEJUJURAN MELALUI WAWANCARA DAN TULISANJAKARTA. Selasa, (18/04) Wiwid Widayanti selaku guru IPS sekaligus PKS Kurikulum SD Juara Jakarta Utara mengajak siswa kelas III untuk mengamati secara langsung kegiatan jual beli di pasar dekat sekolah. Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan siswa lebih paham tentang arti jual-beli yang mengharuskan adanya berbagai komponen seperti penjual, pembeli dan uang sebagai alat tukarnya.

Proses pembelajaran yang dilakukan outdoor ini bertujuan untuk mengembangkan karakter positif anak-anak SD Juara Jakarta Utara. Miss Wiwid, begitu biasanya anak-anak memanggil di sekolah, ingin memenuhi rasa ingin tahu anak-anak dengan mengajak mereka untuk mengetahui lebih dalam tentang jenis kegiatan jual beli di pasar. Wiwid juga ingin anak-anak menjadi mandiri, tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, serta memiliki rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Di pasar ini anak-anak selain mengamati kegiatan jual beli, mereka juga mendapatkan tugas untuk mewawancarai para pedagang dan penjual yang mereka jumpai. “Keberanian dan kerja keras yang ditunjukkan anak-anak kelas III ini benar-benar luar biasa, mereka menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hal dan kendala saat melakukan wawancara, seperti rasa malu saat berhadapan atau berinteraksi dengan orang lain.” Jelas Wiwid.

Para penjual dan pembeli terlihat senang diwawancarai oleh anak-anak, mereka tidak keberatan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan kepada mereka. Adapun pertanyaan yang mereka lontarkan diantaranya, berapa keuntungan yang mereka dapatkan setiap harinya, dari mana mereka mendapatkan barang-barang dagangannya tersebut dan bagaimana jika dagangannya tidak habis hari itu.

Tidak hanya itu, anak-anak juga menanyakan kepuasan pelanggan terhadap kualitas yang dijualnya. Kegiatan yang berlangsung sekitar satu jam ini berjalan dengan tertib dan mampu memberikan banyak pengalaman untuk anak-anak SD Juara Jakarta Utara khususnya kelas III.

“Hasil observasi lapangan dan wawancara anak-anak hari ini mereka ceritakan juga dalam bentuk karangan narasi. Hal tersebut bertujuan agar mereka bisa belajar sikap jujur untuk menyampaikan berita dengan benar sesuai kenyataan yang didapatkan dari hasil wawancara dan pengamatan mereka.” Tutur Wiwid.

Kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan sudah menjadi ciri khas sekolah Juara. Untuk ke depannya, semoga akan semakin banyak metode pembelajaran yang dikemas secara kreatif dan menarik, sehingga tidak menimbulkan bosan dalam belajar bagi anak-anak.

Newsroom/Dian Ekawati

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi