AKHIR PEKAN, HARINYA O-RENERS

BANJARMASIN. Hari libur biasanya digunakan untuk berlibur oleh sebagian remaja saat ini. Berbeda dengan remaja lain, relawan Rumah Zakat yang akrab disapa O-reners mengikuti training hardware dan software komputer, Sabtu (26/2). Esoknya para O-reners melaksanakan kunjungan ke panti asuhan Yayasan Insan Kamil, Minggu (27/2). Dua kegiatan ini dilaksanakan untuk memupuk keterampilan dan kepedulian para relawan.

Sejak pagi para relawan sudah berkumpul di kediaman Sugi, Member Relationship Officer (MRO) Rumah Zakat Cabang Banjarmasin. Dalam kegiatan ini Sugi juga bertugas sebagai pembimbing para relawan. Banyak hal yang sangat luar biasa kita dapatkan dari kegiatan ini. Para relawan mendapat pengetahuan baru tentang komponen-komponen komputer sampai belajar menyambungkan jaringan komputer. Secara bergantian para relawan mencoba melakukan satu demi satu hal-hal yang diajarkan oleh Sugi. Seperti biasa, relawan laki-laki lebih mahir dalam mempelajari hal-hal detail. Namun, relawan perempuan tetap bersemangat untuk menyejajarkan kemampuan mereka.

Esoknya para relawan mengunjungi panti asuhan Yayasan Insan Kamil Putra. Panti asuhan ini dikelola oleh Arif, seorang lelaki bersahaja yang mendedikasikan kehidupannya untuk anak yatim. Di panti asuhan tersebut terdapat 18 anak laki-laki usia SD sampai perguruan tinggi. Kunjungan ini dilasanakan dalam rangka penyaluran paket kornet Superqurban.

Para relawan Rumah Zakat tiba di sana pukul 17.00 WITA. Kunjungan relawan yang berjumlah kurang lebih 20 orang ini disambut dengan sangat ramai oleh mereka. Acara dimulai dengan pembacaan ayat Alquran yang dibacakan oleh Muhammad, penghuni panti asuhan yang bercita-cita menjadi seorang qori’. Acara selanjutnya adalah perkenalan dari pihak panti asuhan dan relawan.

Suasana makin seru dan asyik ketika sesi games dimulai. Permainan menemukan teman- teman sekelompok dengan menirukan bunyi binatang. Para peserta menirukan suara ayam, kambing, bebek, sapi,dan kucing. Di akhir permainan, kelompok ayam mendapat hukuman menyanyi karena paling terakhir menemukan teman–temannya. Acara ini ditutup dengan penyerahan sembako dan paket kornet Superqurban. Tak sampai di situ, kegiatan diabadikan dengan berfoto bersama.

“Senang sekali bisa ikut kegiatan relawan kali ini kebetulan belum pernah ke panti asuhan sebelumnya,” ujar Lena, salah satu relawan Rumah Zakat. Budi, relawan yang juga ikut mengunjungi panti asuhan berujar, “Kegiatan kali ini buat merefresh diri setelah hari–hari biasa dipenuhi kegiatan yang bejibun. Di panti asuhan juga banyak ternaknya, ada ayam, kambing. Kunjungan yang menyenangkan.”
Newsroom/Nimatul Abadiah
Banjarmasin

Tags :
Konfirmasi Donasi