AKSI PEDULI BENCANA BANJIR BANDANG SUNGAI PEKALEN TIRIS KAB. PROBOLINGGO

PROBOLINGGO. (05/02) – Banjir bandang sungai Pekalen Kamis (01/02) telah menyebabkan bantaran sungai Pekalen melebar dan merusak beberapa bangunan rumah, sekolah dan kandang milik warga di Kec. Tiris Kabupaten probolinggo.

Salah satu desa terdampak adalah Desa Andungbiru yang merupakan desa terdekat dengan hulu sungai. Di Desa Andungbiru 80 KK terdampak, SDN Andungbiru 1 dan SMPN 1 Atap terendam banjir, jembatan yang menghubungkan dua desa terputus, landang kambing terbawa arus, kolam ikan siap panen milik salah satu warga di desa Andungbiru rusak dan 3 KK harus direlokasi. Sementara itu PBD Kab. Probolinggo menghimbau agar masyarakat menjauh dari bantaran
sungai untuk menghindari banjir bandang susulan.

Ahad (04/02) Rumah Zakat menugaskan 12 orang relawan ke lokasi banjir untuk melakukan aksi peduli bencana meliputi assesment, koordinasi dengan pihak terkait, aksi bersih-bersih fasilitas umum dan rumah warga yang terdampak, serta distribusi bantuan sembako seperti telur, beras, gula, minyak goreng, kopi, teh, biskuit, 10 paket alat kebersihan kami distribusikan untuk warga terdampak.

“Kami juga turut mensupport fasilitas pos hangat denga menyediakan 200 cup minuman hangat gratis untuk warga dan relawan di lapangan”, ujar ika, Relawan Probolinggo.

“Hari ini (05/02), rencana aksi yang akan kami lakukan adalah melanjutkan pembersihan SDN Andungbiru 1 dari material banjir, penyaluran bantuan, support tenaga pembenahan jalan desa dan jembatan sementara serta pos hangat”, lanjut Ika.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Probolinggo

Tags :
Konfirmasi Donasi