AKSI SIAGA GIZI BALITA JANGKAU DAERAH RAWAN GIZI

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Hasil riset kesehatan mengungkapkan bahwa faktor pengetahuan dan perilaku masyarakat berpengaruh terhadap kasus kekurangan gizi di masyarakat. Masalah gizi masih menjadi salah satu perhatian utama pemerintah, meski kasusnya terus mengalami penurunan dan diharapkan akan terus berkurang sesuai dengan target Pembangunan MDGs.

sebagai upaya memberantas kasus kekurangan gizi, RZ berkolaborasi bersama relawan inspirasi menggelar aksi siaga sehat di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung pada Rabu (28/01) lalu.

Dalam program Siaga Gizi Balita, RZ memberikan paket makanan tambahan berupa susu formula, biskuit, makanan bergizi lainya dan membantu pengobatan geratis. “Program ini bertujuan untuk meningkatkan tumbuh kembang balita yang terindikasi kekurangan gizi. Melalui pendekatan tambahan asupan makanan dan membantu pengobatan geratis,” tutur relawan inspirasi RZ, Apep Saepul Arrohman.

Program siaga gizi baita mulai di implementasikan pada bulan Januari 2105 di Desa Banjarsari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Kegiatan dilaksanakan bertahap sebanyak 3 hari dalam satu minggu.

Desa Banjarsari berada di pedalaman kota yang sulit di jangkau oleh kendaraan umum. Mata pencaharian warga pada umumnya sebagai petani. Pada umumnya, rumah warga terbuat dari bambu dengan model panggung, rata-rata penghasilan warga di wilayah ini kurang dari 1 juta dengan jumlah anak perkeluarga 2 sampai 4 orang.

Fasilitas kesehatan yang dapat diakses warga yaitu Puskesmas yang berada cukup jauh dari tempat tinggal warga. Tidak ada angkutan umum untuk menuju ke puskesmas ini. Jarak lokasi Puskesmas dengan tempat tinggal warga dapat di tempuh dengan berjalan kaki memakan waktu 20 menit.***

Newsroom/Diki Taufik
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi