ALI NURHASAN BERBAGI TIPS MEMILIH HEWAN QURBAN IDEAL

RZ LDKO CilegonJAKARTA. Pemilihan hewan kurban yang tepat menjadi syarat yang harus diperhatikan dalam praktek ibadah kurban setiap muslim. RZ, sebuah lembaga pengelola zakat, infak, shadaqah, dan dana kemanusiaan, memberikan tips atau kiat bagi warga muslim dalam menentukan hewan kurbannya.

Menurut Manager Marketing RZ, Ali Nur Hasan, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan warga muslim untuk membeli hewan kurban. Paling penting, kondisi hewan dalam keadaan prima tanpa cacat. “Paling utama sehat dulu,” ujarnya, Jumat petang, 3 Oktober 2014.

Saat ini RZ menyiapkan sapi, domba dan kambing yang ditempatkan di kandang Probolinggo, Jawa Timur. “Kami terus pantau kesehatannya secara berkala, karena kami punya dokter hewan,” ujar Ali.

Pertimbangan berikutnya, pilih jenis hewan kurban yang sesuai dengan ketentuan syariat. Antara lain, hewan kurban telah sesuai dengan usia minimal yang telah ditetapkan, yakni domba dan kambing usia minimal genap 1 tahun, masuk tahun kedua. Sedangkan sapi berusia minimal genap 2 tahun, atau masuk tahun ketiga. “Jangan sampai kurang dari itu,” kata Ali.

Untuk menghitung atau menafsirkan umur kambing, domba, dan sapi yang akan dipotong, calon pembeli bisa melihat pergantian gigi seri pada rahang bawah. Jika sudah tanggal sepasang berarti umurnya sekitar satu tahun, tanggal dua pasang berarti umurnya sekitar dua tahun dan seterusnya.

Syarat lain, bersih dari cacat yang menyebabkan tidak sah untuk dijadikan hewan kurban, seperti cacat mata, pincang serta kekurangan lainnya. “Makanya, kami sangat teliti memilih hewan yang akan dijadikan kornet Superqurban,” ujar Ali.***

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/10/04/136611829/Tips-Memilih-Hewan-Kurban-Ideal-ala-Rumah-Zakat

Tags :
Konfirmasi Donasi