INI CARA SD JUARA ASAH EMOTIONAL QUOTIENT (EQ)

asah-emotional-quotient-eq-ini-yang-dilakukan-sd-juaraCILEGON. Pada hari Selasa (18/10), siswa kelas 1 SD Juara Cilegon tengah mengikuti pelajaran Tematik. Di kelas 1 ini, masih ada beberapa siswa yang belum lancar membaca dan menulis. Sehingga terkadang mereka mengalami kesulitan pada saat mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.

Melihat siswanya mengalami kesulitan dalam belajar, wali kelas tidak tinggal diam. Wali kelas mempercayakan kepada siswa untuk belajar dengan menggunakan sistem belajar tutor sebaya. Wali kelas menugaskan kepada siswa yang sudah bisa dan sudah selesai mengerjakan tugas, untuk membantu temannya yang masih mengalami kesulitan dalam belajar. Hal ini merupakan salah satu upaya guru untuk menumbuhkan kecerdasan emosional atau EQ (Emotional Quotient) untuk peduli dan saling menolong sesama temannya.

Terkadang juga terlihat mereka saling berbagi makanan yang dibawanya. Sikap saling membantu dan tolong menolong ini mulai diterapkan kepada siswa sejak mereka duduk di bangku kelas 1 Sekolah Dasar. Siti Nurasiah, wali kelas 1 SD Juara Cilegon pun mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya melihat siswa-siswinya sudah dapat saling membantu dan tolong menolong sesama temannya.

“Alhamdulillah senang sekali melihat siswa dapat berinteraksi dengan baik sesama temannya. Hampir sebagian besar siswa sudah mulai memahami dan mengerti mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang tidak baik. Kami berusaha untuk menanamkan rasa peduli kepada siswa untuk saling membantu dan tolong menolong sesama teman.” ungkap Siti.

Newsroom/Siti Nurasiah
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi