ASAH NATURAL INTELLIGENCE, SISWA JUARA OUTING KE PETERNAKAN

asah-natural-intellegence-siswa-juara-pelajari-kambing-ettawaPEKANBARU. Pada Rabu (12/10) peserta didik kelas 3 SD Juara Pekanbaru melakukan Outing ke peternakan kambing Ettawa di desa Baru, Siak Hulu, Kampar. Kegiatan tersebut merupakan sarana bagi peserta didik untuk belajar di alam dengan melakukan pembelajaran yang berkesan kepada peserta didik dengan langsung membawa ke lapangan.

Pelajaran IPA kelas 3 mengelompokkan jenis hewan berdasarkan jenis makanannya, berdasarjan cara berkembang biak serta berdasarkan penutup tubuh. Berdasarkan jenis makanan hewan terbagi tiga kelompok yaitu herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging) dan omnivora (pemakan segalanya). Berdasarkan cara berkembangbiak hewan dikelompokkan menjadi ovivar (bertelur), vivivar (beranak/ melahirkan) dan ovovivivar (bertelur dan beranak). Selain itu berdasarkan penutup tubuhnya hewan dapat dikelompokkan berdasarkan: berbulu, berambut, bercangkang, dan bersisik.

Kali ini peserta didik diperkenalkan kepada salah satu hewan yang termasuk dalam kelompok herbivora (pemakan tumbuhan) yaitu kambing. Selain hewan herbivora (pemakan tumbuhan), kambing juga adalah hewan vivipar karena berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan herbivora ini adalah hewan yang tubuhnya ditutupi oleh rambut. Beberapa hasil atau manfaat yang dapat kita ambil dari hewan berkaki empat ini antara lain yaitu menghasilkan susu dan juga daging. Kandungan lemak pada susu kambing lebih rendah daripada susu sapi, sehinga susu kambing sangat baik dikonsumsi oleh anak – anak hingga lansia.

Selama berada di peternakan peserta didik sangat senang dan antusias bertanya serta tidak canggung untuk ikut mencoba memberi makan kambing – kambing di peternakan. Peserta didik bahkan mencatat pengantar dari pemandu yang menyampaikan sejarah nama Ettawa.
“Ettawa adalah nama daerah di Janpari, India. Kambing Ettawa berarti kambingnya berasal dari daerah Ettawa, dibawa oleh penjajah Belanda ke Kaligesing kabupaten Purworejo, Jawa tengah.” ujar Putri membacakan catatannya.

Newsroom/Muhammad Bayu Putra
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi