ASYIKNYA BELAJAR MUSIK DI SAUNG ANGKLUNG UDJO

RZ LDKO Cilegon BANDUNG. Akhir pekan yang berkesan untuk para siswa SD Juara Bandung yang agenda Fieldtrip. Seperti halnya bulan lalu, kegiatan ini diadakan sesuai dengan tema yang sedang dipelajari di kelas masing-masing. Selasa (14/10) anak-anak kelas 1 mengunjungi tempat seni yang terkenal di Indonesia bahkan di Dunia, yakni Saung Angklung Udjo. Sesuai dengan tema yang sedang dipelajari di kelas 1 yaitu “kegemaranku : Aku gemar bermain musik”.

Di sini, anak-anak dapat menyaksikan pertunjukan kesenian Sunda. ada cukup banyak lagu daerah yg dinyanyikan bersama & ragam tarian daerah yg dtampilkan. Sehingga diharapkan anak-anak dapat mengenal ragam lagu & tarian daerah, menyanyikannya, serta mencontoh gerakan-gerakan tarian. Sebelum pertunjukan dimulai, anak-anak berkeliling di area sekitar Saung Angklung Udjo, melihat langsung pembuatan angklung, mulai dari rangka, tabung, sampai menghasilkan suara. Anak-anak juga diajak ke bagian produksi, angklung-angklung yang sudah jadi, dicek ulang, dipernis, diikat, dan disimpan untuk dikirim sesuai pesanan, baik di dalam atau ke luar negeri.

Pertunjukan dibuka oleh kesenian wayang golek, yang menampilkan si cepot dan kawan-kawan. Setelahnya ada helaran, atau pertunjukkan anak sunat yg diringi oleh musik dan tarian. Penampilan lainnya adalah tari topeng, arumba, dan angklung toel. “Anak-anak diajarkan langsung cara menggunakan angklung. Bagaimana cara memegang yang benar dan cara menggoyangkan angklung, sampai keluar suara. setiap anak dpinjami 1 angklung yang sudah diberi nomor. instruktur di depan menunjuk satu angka, maka angklung yang bernomer sama harus digoyangkan. demikian seterusnya sampai terdengar sebuah lagu,” ungkap pembimbing fieldtrip SD Juara Bandung, Achmad Ghozali.

Disesi terakhir anak-anak diajak ke tengah area tampil untuk bernyanyi dan menari bersama. Achmad menambahkan, setelah semua pertunjukkan selesai, anak-anak diberi oleh-oleh es lilin, ada rasa cokekat, ketan hitam, & kelapa muda. “Tidah hanya itu, anak-anak dan guru-guru juga mendapat cinderamata dari Saung Angklung Udjo,” pungkasnya.***

Newsroom/Diki Taufik
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi