ASYIKNYA EDUWISATA KE PANTAI CAROCOK DAN LOBANG JEPANG

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Siswa kelas 6 SD Juara Pekanbaru mengikuti eduwisata ke Sumatera Barat. Di hari pertama, rombongan tiba di Sumbar dan menginap di Asrama Haji di Kota Padang. Pagi harinya, rombongan melanjutkan perjalanan ke Pantai Carocok di Kota Painan, Pesisir Selatan. Kemudian menyeberang ke Pulau Cingkuak. Peserta Didik sangat senang dan antusias menikmati pemandangan dan permainan yang ada di sana. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan dipandu oleh beberapa guru pembimbingnya, menikmati Permainan Bahari yang tersedia.

Rombongan SD Juara Pekanbaru beserta guru-guru mengunjungi objek wisata Lobang Jepang di kota Bukit tinggi. Kunjungan ke Lobang Jepang ini adalah rangkaian Kegiatan Eduwisata yang dilakukan untuk melihat peninggalan bersejarah dan mengetahui cerita sejarah yang terjadi di masa sebelum kemerdekaan.

Sekitar pukul 10.00 Wib pagi, rombongan SD Juara Pekanbaru tiba di lokasi. Sebelum menelusuri terowongan Lobang Jepang ini, seluruh anggota rombongan berkumpul di depan mulut gua untuk diberi pengarahan terlebih dahulu oleh Tour Guide. Setelah mendengarkan pengarahan yang disampaikan, barulah rombongan dipandu Tour Guide turun menelusuri terowongan lobang jepang.

Pertama kali masuk, rombongan akan menuruni beberapa anak tangga. Disetiap bagian dalam terowongan/ lobang menyimpan cerita sejarah yang berbeda beda. Pemandu dengan detail menjelaskan setiap ruangan yang ada di dalam lobang. Bentuk dinding dan ukuran tinggi lobang yang dikunjungi sudah merupakan renovasi oleh Pemda Bukit Tinggi. Namun, masih ada beberapa bagian dalam terowongan lobang Jjepang yang bentuk dan ukurannya masih asli.

Di dalam terowongan lobang Jepang, sama sekali tidak terasa panas atau pengap bahkan di dalam terowongan terasa sejuk. Hal ini dikarenakan beberapa lobang memiliki ujung yang tembus ke permukaan tanah, sehingga tidak memerlukan AC untuk mendinginkan suhu di dalam lobang. Terowongan dalam lobang Jepang ini terbentang di bawah tanah Kota Bukit Tinggi.

Setelah menyusuri Lobang Jepang hingga bagian penjara dan dapur, rombongan kembali ke permukaan yang tembus di sisi bukit dan berjarak beberapa meter ke objek wisata Jam Gadang. Sekitar pukul 14.00 WIB rombongan bertolak kembali ke Pekanbaru.***

Newsroom/Dwi Ratnawati
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi