ATASI MASALAH SAMPAH, RUMAH ZAKAT AJAK MASYARAKAT OPTIMALKAN BANK SAMPAH

MAGELANG. (05/02) Bringin adalah desa padat penduduk yang terletak di Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Ada 21 dusun yang memadati desa, yang terdiri dari 90 rt dan 36 RW dengan kepadatan penduduk 1.436 jiwa /km.

Penduduk yang banyak ditambah belum adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan, memunculkan masalah baru yaitu membakar sampah padahal asap sampah terutama asap sampah plastik adalah salah satu pemicu penyakit kanker dan merusak kandungan gizi di dalam makanan.

Melihat realitas yang ada, Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya Bringin bersama masyarakat terus melakukan optimalisasi peran bank sampah dalam rangka mengatasi masalah sampah yang dampaknya sebagian besar masyarakat belum menyadari.

“Saat ini kami terus melakukan sosialisasi program bank sampah ke masyarakat. Pertama, untuk memperkenalkan apa itu bank sampah. Kedua, menyampaikan program bank sampah. Dan ketiga, mengajak masyarakat untuk memilah sampah yang memiliki nilai ekonomis untuk kemudian ditabung di bank sampah” terang Martini, Fasilitator Desa Berdaya ketika mendampingi kader penggerak bank sampah
saat proses pemilahan sampah, senin (05/02)

Dari upaya yang dilakukan Martini beserta masyarakat Sikepan satu selama ini hasilnya mulai terlihat, dusun lain pun datang untuk belajar dari Bank Sampah berkah mandiri. Seperti hari ini ketika pemilahan sampah bersama pengepul sampah kecamatan Srumbung ibu – ibu dari PKK sikepan 2 untuk hadir untuk belajar bagaimana memilah sampah.

“Sampahnya banyak banget, dan harus sabar ya dalam memilah sampah itu,” ucap Atik, salah satu PKK sikepan 2.

Newsroom/ Dani Suhardi
Magelang

Tags :
Konfirmasi Donasi