BANGUN EKONOMI WARGA RZ BENTUK KELOMPOK USAHA BERSAMA

BANGUN EKONOMI WARGA RZ BENTUK KELOMPOK USAHA BERSAMAREPUBLIKA.CO.ID, CILACAP — Rumah Zakat (RZ) membentuk kelompok usaha untuk ibu rumah tangga di Dusun Bojonggintung, Desa Cibalung, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap. Hal ini karena banyaknya potensi alam seperti umbi yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan keripik. Diharapkan, desa binaan ini mampu membangun ekonomi warga di wilayah lereng pegunungan.

 

“Setiap kali saya berkunjung kemari, selalu disuguhi keripik yang bermacam-macam. Dari sana saya mulai berpikir bagaimana caranya keripik itu bisa memiliki nilai ekonomis dan bisa meningkatkan penghasilan warga Dusun Bojonggintung ini. Akhirnya setelah meyakinkan ibu-ibu di sini agar membangun rasa percaya diri untuk memulai usahanya, barulah semuanya mulai kami rintis,” ujar Auliya Rohma, Relawan Inspirasi RZ Cibalung, Jumat (3/2).

Kelompok Usaha Bersama Dusun Bojonggintung mulai dirintis sejak bulan Agustus 2015 oleh Auliya dan 11 orang ibu rumah tangga di sana. Keripik yang diproduksi oleh Kelompok Usaha Bersama Dusun Bojonggintung diantaranya keripik talas, ubi, singkong, pisang, gadung, dan sale yang bahannya mereka dapatkan dari kebun sendiri.

 

Dalam satu kali produksi, setiap anggota kelompok bisa mendapatkan keuntungan mulai dari Rp 80 ribu hingga Rp 200 ribu. Dari pendapatannya menjual keripik, anggota Kelompok Usaha Bersama Dusun Bojonggintung mengaku sangat terbantu. Hasil penjualan tersebut mereka gunakan untuk membantu ekonomi keluarga terutama untuk tambahan uang saku serta membeli keperluan sekolah anaknya.

Auliya berharap, penjualan keripik dari warga Dusun Bojonggintung bisa sampai di tempat wisata di Cilacap. Selain untuk mendapatkan keuntungan, hal ini juga salah satu cara untuk memperkenalkan RZ serta produk warga Desa Cibalung.
Sumber: http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/wakaf/17/02/04/oktyk3368-bangun-ekonomi-warga-rz-bentuk-kelompok-usaha-bersama

Tags :
Konfirmasi Donasi