BANK SAMPAH CIBEUREUM, SIAP JADIKAN SAMPAH LEBIH PRODUKTIF

RZ bank bandung2BANDUNG. Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, dan sehat, tentunya diperlukan pengelolaan sampah yang terpola dan teratur, walau dalam kenyataan di kota-kota besar di Indonesia seperti di Bandung, masalah sampah ini tetap menjadi masalah yang komplek. Kepedulian warga untuk membuang sampah pada tempatnya dan mengatur pengelolaan sampah ini masih harus terus ditingkatkan.

Untuk itu RZ pun mencoba mencari solusi untuk memecahkan masalah ini dengan mendukung dalam program kelestarian lingkungan dengan menginisiasi bank sampah di Jl. Kebonkopi , Gg. Family, RT 06/RW 08, Kel. Cibeureum, Kec. Cimahi Selatan. Launching program dan sosialisasi awal bank sampah yang diberi nama “Cibeureum Berseri” ini digelar Minggu, (16/3).

Kegiatan launching dan sosialisai awal bank sampah pada 16 Maret 2014 ini sekaligus menjadi awal berdirinya Bank Sampah Cibeureum Berseri dengan pengurus bank sampah: Ketua Sukirno, Sekretaris Kariseum, Bendahara Cucu, dan koordinator RT Sri. Kegiatan awal pendirian bank sampah ini dihadiri sekitar 10 orang terdiri dari, pengurus RW, RT dan ibu-ibu PKK. Setelah berjalan sekitar 7 bulan Bank Sampah Cibeureum Berseri bertambah anggotanya menjadi 40 orang. Para warga yang telah menjadi partisipan bank sampah sekarang sudah berusaha membiasakan diri memilah sampah di keluarganya masing-masing. Kini sampah yang sudah terpilah dan terkumpul sekitar 250 Kg.

“Para warga kami kini mulai peduli lingkungan, hal ini terbukti mereka mau belajar memilah sampah, menanam tanaman, rajin membuat biopori lubang resapan maupun sumur biopori dan Urban Farming pun sudah mulai digalakan di RW 08 Cibeureum dengan adanya tanaman obat keluarga juga tanaman anti polusi,” ungkap koordinator RT, Sri. Bank Sampah membuat kami lebih bersemangat untuk memilah sampah di rumah, menata lingkungan jadi makin bersih dan asri, tambah Sri. Sekretaris Bank Sampah Cibeureum Berseri Kariseum pun menambahkan, semakin termotivasi mengelola sampah dan menjadikannya menjadi lebih produktif, sehingga sampah bisa menjadi barang yang bernilai ekonomis dan menjadi berkah bagi kami.***

Newsroom/ RZ
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi