BANK SAMPAH RAFLESIA SAPA WARGA JOMBLANG SARI

RZ BSR menabung, semarangSEMARANG. Bank Sampah Raflesia yang beralamat di Jl. Jomblang Sari, RW 01, Kelurahan Jomblang, Kec.Candisari, Semarang, wilayah Integrated Community Development Candisari merupakan bank sampah yang baru didirikan belum lama ini tepatnya 24 Agustus 2014. Sebelumnya memang sudah ada kegiatan pengumpulan sampah ini secara sukarela sejak sekitar dua tahun yang lalu atas inisiatif dari kelurahan, walaupun dalam perjalanannya dari awal sampai sebelum terbentuknya bank sampah belum ada perkembangan yang signifikan.

Namun setidaknya pengalaman tersebut bisa diambil hikmahnya sehingga akhirnya berdirilah Bank Sampah Raflesia ini atas inisiasi dari RZ cabang Semarang. Walaupun masih seumur jagung tapi semangat para kader bank sampah ini tidak kalah jika dibandingkan dengan kader-kader bank sampah yang sudah lebih dahulu ada. Raflesia di ketuai oleh Rubiyono seorang ibu yang sudah cukup berpengalaman dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, walaupun usia cukup senja namun masih berjiwa semangat muda dan disegani oleh kader lainnya dengan partisipan 12 orang.

Bank sampah yang baru saja didirikan ini, bagi warga Jomblang Sari pun memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis yang bermanfaat.

Dengan dukungan dari ibu Joko selaku Ketua PKK RW 01, walaupun belum ada prestasi yang ditorehkan oleh Bank Sampah Raflesia, namun harapannya bank sampah ini bisa menjadi penggerak kesadaran gerakan peduli terhadap kebersihan lingkungan di RW 01, seperti dituturkan oleh salah satu warga, “Bank Sampah Raflesia diharapkan bisa maju dan berguna bagi warga RW I jomblang,” ucap Budi, (45), warga Jomblang Sari, RT 03/ RW 01, Jomblang.***

Newsroom/RZ Semarang
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi