BANK SAMPAH WIRASWASTA RZ KIAN EKSIS DAN DIMINATI MASYARAKAT SIDODADI

BANK SAMPAH WIRASWASTA RZ KIAN EKSIS DAN DIMINATI MASYARAKAT SIDODADISIDODADI. Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.

Begitupun dengan Bank Sampah Wiraswasta binaan RZ Samarinda sudah berdiri sejak tahun 2014, tepatnya tanggal 20 Oktober 2014. Lokasinya yang berada di dalam jalan sempit dan di belakang rumah warga tidak membuat bank sampah sepi nasabah. Keberadaan bank sampah pun semakin dikenal luas oleh warga Samarinda. Yang terdaftar sebagai nasabah Bank Sampah Wiraswasta bukan hanya warga sekitar RT, tetapi juga lintas kelurahan dan selalu aktif tiap pekannya melakukan transaksi penimbangan

Aktivitas penimbangan dan pemilahan sampah yang rutin dilakukan setiap pekannya membuktikan kelancaran pengelolaan Bank Sampah Wiraswasta dan keaktifan para warga. Semenjak bank sampah ini berdiri warga terus menginfokan dari mulut ke mulut ke warga lainnya sehingga keberadaan bank sampah semakin dikenal bukan hanya warga sekitar, tetapi juga warga diluar kelurahan Sidodadi.

Jadwal rutin penimbangan dan pemilahan sampah setiap hari Rabu pukul 16.00 s/d 17.30 WITA, dengan transakasi tiap pekannya 9 s/d 23 nasabah, dari berbagai kalangan meliputi anak-anak, remaja, dewasa dan berbagai profesi seperti ibu rumah tangga, PNS, serta pegawai swasta juga aktif bergabung menjadi nasabah.

“Hari ini Rabu (16/03) tercatat ada 23 Nasabah yang melakukan transaksi penimbangan sampah dari 94 nasabah yang terdaftar sebagai nasabah. Sampah yang disetorkan pun berbeda-beda. Kelihatannya pemahaman warga tentang pemilahan sampah semakin baik, terlihat ketika saat penimbangan sampah sudah tersusun rapi dan sudah terpilah sehingga memudahkan para pengurus untuk memasukkannya ke dalam karung yang sudah sesuai dengan masing-masing jenis sampah,” papar Ritawati.

Semakin banyak warga yang mendaftarkan diri menjadi nasabah bank sampah membuktikan keseriusan warga mencintai lingkungan, karena kalau dari segi Rupiah, uang yang didapat tidaklah banyak.
“Semoga semakin banyak yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan aktif ikut kegiatan bank sampah sebagai salah satu mengurangi volume sampah di TPA. RZ akan selalu mensupport kegiatan pelestarian lingkungan.” pungkas Ritawati.***

Newsroom/Ritawati
Sidodadi

Tags :
Konfirmasi Donasi