BELAJAR SAMBIL REFRESHING, INI KESERUAN SISWA JUARA

belajar-sambil-refreshing-ini-keseruan-siswa-juaraJAKARTA. Pada (19/12) SD Juara Jakarta Utara melaksanakan kegiatan Field Trip dengan mengunjungi 2 objek edukasi yakni Taman Wisata Lebah Pramuka dan Kolam renang Eldorado yang berlokasi di Buperta & Legenda Wisata Cibubur, Jakarta Timur.

Kegiatan yang penuh keceriaan, sarat dengan manfaat serta Nilai Pendidikan ini diharapkan mampu menghilangkan ketegangan anak-anak setelah dua pekan mengerjakan soal-soal UTS. “Seperti kata pepatah ‘Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui’, dalam satu hari kami mengajak anak-anak melakukan dua kegiatan sekaligus.” kata Bapak Suprapto, S. Pdi selaku ketua pelaksanan Field Trip.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa dan tata tertib di sekolah oleh ketua pelaksana Field Trip. Pukul 07.00 rombongan berangkat menuju lokasi pertama yaitu Kolam renang Eldorado. Sesuai dengan yang Rasulullah sampaikan bahwa berenang adalah salah satu keahlian yang harus dimiliki umat muslim selain berkuda dan memanah. Untuk itulah siswa juara dilatih berenang agar mereka memiliki keahlian tersebut.

Wajah-wajah ceria terlihat di sepanjang perjalanan, anak-anak begitu tidak sabarnya untuk sampai di lokasi. Suasana penuh kegembiraanpun tampak saat rombongan tiba di lokasi kolam renang Eldorado, mereka langsung berlarian dan melompat ke kolam yang sangat variatif. Wahana kolam renang yang begitu luas dan banyak alternatif pilihan sangat memudahkan anak-anak untuk meluapkan hobby berenang mereka.
Kolam renang tersebut juga aman untuk segala usia, mulai dari anak-anak yang belum bisa berenang sampai anak-anak yang sudah mahir berenang. Tidak puas-puasnya mereka berada di dalam air tapi kegiatan berikutnya telah menanti. Jam 11.30 Rombongan pun meninggalkan lokasi kolam renang dan menuju lokasi kedua yaitu Taman Lebah Pramuka.

Suara adzan dzuhur menyambut kedatangan rombongan di lokasi Taman Lebah Pramuka. Anak-anak diarahkan untuk segera melaksanakan shalat dzuhur berjama’ah yang di imami oleh bapak M. Arif, S.Pdi. Usai shalat, dzikir dan berdoa anak-anak langsung berkumpul untuk mendengarkan pengarahan dari Tim Taman Lebah.

Kegiatan “Mengenal Dunia Lebah” ini diawali dengan pemutaran film seputar dunia lebah. Dari film ini anak-anak belajar tentang kehidupan lebah. Setelah itu ‘applied learning’ dimana anak-anak secara langsung melihat lebah-lebah berikut sarangnya. Selain itu, para siswa juga belajar mengenai
manfaat lebah, jenis-jenis lebah, cara lebah menghasilkan madu, manfaat madu, pengobatan penyakit melalui terapi sengatan lebah, dll. Ketakutan akan disengat lebah hilang seketika itu dikalahkan oleh rasa ingin tahu mereka yang lebih besar dari rasa takut mereka.

“Dengan mengenal kehidupan lebah diharapkan para siswa mampu mencontoh kehidupan para lebah, dimana lebah hanya hinggap di tempat-tempat yang baik, menghisap yang baik-baik dan hanya menghasilkan yang baik-baik pula.” kata Suprapto menjelaskan.

“Kami mengharapkan setelah kegiatan ini anak-anak akan mampu menerapkan filosofi lebah tersebut dalam kehidupan mereka sehari-hari. Semoga anak-anak juara mampu memilih bergaul dengan teman-teman yang baik, menyerap info dan ilmu yang baik sehingga mereka akan mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupannya dan juga kehidupan orang lain.” pungkasnya.

Newsroom/Arif Rahman
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi