BERBAGI DENGAN PENGGALI MAKAM

Rumah Zakat berbagi nasi kotak dengan penggali makam.

RUMAH ZAKAT РSemakin  merebaknya pandemic, semakin banyak yang terkena dampaknya. Tidak hanya perusahaan raksasa, tapi juga masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Sejak awal pandemic kalangan yang mendapat perhatian adalah pengguna kendaraan online, tenaga kesehatan dan relawannya, namun kita lupa untuk memberi perhatian lebih kepada penggali kuburan. Kisah mereka tak kalah heroic dengan para pejuang Covid di garis depan. Bermandikan keringat dengan sengatan matahari langsung menjadi tantangan tersendiri bagi mereka.

Puluhan lubang makam mereka gali setiap harinya untuk mengantisipasi meledaknya jumlah yang gugur karena Covid ini. Karena keterlambatan proses pemakaman tentu akan berdampak lebih nantinya. Penampakan ini bisa kita saksikan di beberapa daerah , terutama Jakarta Timur. Selain itu jam kerja para penggali makam ini dari pagi hingga pukul sepuluh malam. Lalu bagaimana dengan asupan gizi mereka? Dalam kondisi normal, menggali puluhan makam bukanlah hal ringan. Kini, bagaimana dengan perlindungan mereka saat prosesi pemakaman?

Relawan Rumah Zakat melihat peluang kebaikan ini untuk mereka di garda belakang. Puluhan nasi kotak yang kaya akan gizi dibagikan gratis, dengan harapan kondisi mereka tetap fit dan bugar. Karena kuatnya imun dalam tubuh menjadi pertahan terbaik di tengah pandemic ini. Mudah-mudahan ke depan kita bisa bantu lebih lagi mereka, para penggali makam ini. Karena tidak hanya kondisi personil, namun keluarga di rumah mereka pun harus menjadi perhatian kita.

Bagaimana dengan biaya pendidikan anak-anak mereka, sudah memenuhi kah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka. Semua akan kita pertanggungjawabkan kelak di akhirat, jika kita masih makan berkecukupan setiap harinya sedangkan tetangga atau saudara kita kelaparan di malam hari, seperti hadist berikut ini: Rasulullah SAW bersabda: ‚ÄúTidaklah beriman kepadaku orang yang kenyang semalaman sedangkan tetangganya kelaparan di sampingnya, padahal ia mengetahuinya.” (HR At-Thabrani).

 

Penulis: Nurmansyah, S.Hum

Centre of Excellent Manager Rumah Zakat Action

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia