BERI BANTUAN BECAK MOTOR, RZ SUPPORT USAHA PAK RAMITO

BERI BANTUAN BECAK MOTOR, RZ SUPPORT USAHA PAK RAMITOPEKANBARU. Pak Ramito (35) merupakan salah satu member usaha binaan RZ sejak awal tahun 2016. Ia tinggal di Jalan Pembina 4 RT 03/RW 13 Kelurahan Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Pekanbaru bersama istri dan ke-5 orang anaknya yang masih berusia sekolah.

Kisah perjuangan Pak Ramito dalam mencari nafkah bagi keluarganya dimulai dengan usaha produksi air tebu sejak tahun 1990-an saat merantau ke Pekanbaru. Usaha ini dirintis oleh Pak Ramito dengan bermodalkan uang sebesar Rp 100.000 untuk membeli tebu di Pasar Rumbai.

Mesin pemeras tebu untuk usaha air tebu ia beli dari hasil menjual kambing yang beliau rawat dari kecil. Awalnya usaha air tebu ini hanya untuk anak-anak TPA dan sekolah sekitar rumah Pak Ramito, lalu berkembang menjadi usaha serius ketika dibuka pasar kaget dekat perumahan di jalan Pembina.
Pak Ramito berjualan air tebu dengan cara menjajakan di pinggiran jalan dibantu oleh istri dan anak beliau karena ia juga harus menjadi seorang tukang parkir depan toko dekat sekolah.

Profesi tukang parkir pun beliau tekuni karena kurangnya pendapatan dari menjual air tebu ini.
Namun pada akhir tahun 2015 kemarin istrinya terkena penyakit paru-paru basah sehingga harus dirawat jalan setidaknya selama 6 bulan. Sehingga untuk membiayai pengobatan istrinya terpaksa Pak Ramito menjual motor yang biasa beliau pakai untuk menjemput tebu ke pasar sehingga akses menjual tebu pun menjadi terbatas.

Namun hal ini tidak menjadi penghalang Pak Ramito untuk tetap berusaha mencari nafkah bagi keluarganya. Melihat kegigihan Pak Ramito, RZ dalam prgram Pemberdayaan Ekonomi yang diusung tema #sharinghappiness berusaha mengurangi beban dan membantu Pak Ramito dengan memberikan sebuah becak motor pada hari Jum’at (01/07) lalu di kediamannya.

“Bantuan becak motor yang diberikan donatur RZ ini sangat berharga dan bermanfaat untuk memudahkan usaha saya berjualan air tebu dan sejak ada motor saya bisa berjualan buah-buahan keliling sampai ke Siak. Alhamdulillah ada peningkatan penghasilan dengan adanya becak motor ini. Terima kasih banyak kepada semua donatur yang sudah memberikan bantuan kepada keluarga saya. Bantuan bapak ibu berikan sangat bermanfaat bagi usaha dan kehidupan keluarga saya. Hanya Allah saja yang bisa membalas semua kebaikan donatur.”, ucapnya penuh haru.

Kini dengan adanya becak motor, beliau berencana menambah usahanya dengan berjualan sayur. Karena dengan motor bisa menjemput sayur langsung dari kebun yang dirawat olehnya saat ini untuk didagangkan. Walau dengan semua keterbatasan yang ada, Pak Ramito bertekad untuk terus semangat dan berusaha, agar beliau bisa terus membiayai 5 orang anak yang masih kecil-kecil dan juga untuk memberikan pengobatan yang memadai untuk istrinya.

Newsroom/Nur Shyfa
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi