BERMAIN MINI DRAMA “WILD ACCESS”, SISWA SD JUARA BANDUNG ANTUSIAS BELAJAR BAHASA INGGRIS

BERMAIN MINI DRAMA WILD ACCESS, SISWA SD JUARA BANDUNG ANTUSIAS BELAJAR BAHASA INGGRISBANDUNG. Pada hari Selasa (08/03) ini siswa kelas 6 menampilkan mini drama yang bertemakan “Wild Access”. Tema ini diambil dari serial film super hero anak yang menceritakan petualangan para binatang buas di hutan “Animarius”. Serial ini kemudian diterapkan dalam pelajaran Bahasa Inggris kelas 6 di SD Juara Bandung.

“Dalam tema ini anak-anak tidak hanya belajar kosakata yang ada hubungannya dengan binatang, tetapi juga belajar fungsi bahasa yang terkandung dalam sebuah percakapan. Tentu saja semua itu dilalui dengan rangkaian proses pembelajaran yang menyeluruh. 4 aspek kebahasaan pun telah dipelajari sebelumnya (Listening, Speaking, Reading dan Writing),” tutur pak Achmad Gozali, guru Bahasa Inggris

Diawali dengan listening. Mereka mendengarkan guru bercerita tentang binatang dengan bantuan gambar dalam bahasa Inggris kemudian mereka menirukannya. Selanjutnya speaking, mereka membuat percakapan yang di dalamnya mengandung fungsi bahasa asking condition, asking something dan giving something. Kemudian reading, mereka membaca cerita tentang binatang dengan teks yang sudah tersedia. Terakhir writing. Secara berkelompok mereka membuat proyek mini drama tentang binatang yang didalamnya terdapat unsur fungsi bahasa yang sudah mereka pelajari.

Sederetan proses yang sudah mereka pelajari ternyata menumbuhkan rasa percaya diri untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Penampilan mereka pun tak luput dari perhatian guru yang kadang harus mencerna kalimat bahasa Inggris yang mereka buat sendiri. Selain itu ada pula yang membuat guru tertawa karena mereka bisa membuat joke/lelucon meski dengan menggunakan bahasa Inggris.

Kreativitas mereka pun patut diacungi jempol. Dengan bahan yang seadanya mereka mampu membuat properti yang tidak kalah bagusnya: topeng dari kertas, sayap dan cakar dari kardus, telinga dengan dasar bando, sayap kupu-kupu dari kertas koran dan mahkota dari dedaunan. Tentunya pembelajaran bahasa Inggris kali ini tidak hanya sekedar memberikan aspek pengetahuan akan tetapi mencakup tiga aspek lainnya yakni aspek spiritual, sosial dan keterampilan.***

Newsroom/Achmad Gozali
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi