BERSAMA SHAM FM, SISWA SD JUARA SURABAYA MENGUDARA

BERSAMA SHAM FM, SISWA SD JUARA SURABAYA MENGUDARASURABAYA. (09/02). Dalam rangka memperingati hari pers nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari, siswa-siswi kelas 5 SD Juara Surabaya melakukan kegiatan outing class ke Radio Suara Muslim- Sham FM Surabaya. Kegiatan ini sekaligus menjadi pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu untuk melakukan wawancara dan laporan kunjungan.

Stasiun Radio Suara Muslim berada satu lokasi dengan Griya Qur’an Surabaya. Kedatangan kami di sambut oleh kak Wahyu salah satu penyiar di Radio Suara Muslim. Radio Suara Muslim adalah radio yang fokus pada keislaman dan telah mengudara di tiga kota, Surabaya, Madiun, dan Lumajang.

Setelah dikumpulkan di aula, anak- anak diajak untuk berkeliling melihat berbagai ruang yang ada di sana. Ruang pertama yang dikunjungi adalah loby, di tempat ini anak-anak diajak melihat berbagai program dan jadwal siaran radio. Loby bersebalahan dengan perpustakaan dan ruang siaran yang kedap suara. Anak- anak bisa melihat langsung bagaimana proses siaran berlangsung.

Berikutnya anak- anak diajak menuju ruang produksi satu, di ruangan ini proses rekaman dan pembuatan iklan berlangsung. Anak-anak bahkan diberi kesempatan untuk merekam suara mereka. Setelah dari ruang produksi satu, tour berikutnya berlanjut ke ruang produksi dua dimana tempat editing berlangsung. Ruangan ini bersebelahan dengan ruang Gate keeper, yaitu tempat produser mengontrol proses siaran yang sedang berlangsung.

Ruangan terakhir yang dikunjungi adalah ruang marketing dan ruang kreatif. Setelah tour berakhir anak-anak di bagi dalam 6 kelompok dan diberi tugas untuk melakukan wawancara dengan beberapa pegawai yang bekerja di sana. “kami sangat senang atas kunjungan dari siswa-siswa ini, pengalaman baru, karena biasanya yang berkunjung adalah anak-anak tingkat SMA” kata kak Riska selaku salah satu produser di sana.

Anak- anak begitu antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan di radio suara muslim. “Kapan kita ke sini lagi bu, tempatnya nyaman. Saya mendapat banyak pengalaman baru disini?’ kata Aulia Wardana, salah satu siswi kelas 5 Sd Juara Surabaya.

Kegiatan diakhiri dengan photo bersama. “ Bu, aku mau salim dulu sama kakak yang ada di loby” kata Nadia sebelum pulang.***

Newsroom/Suradin
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi