BUKTI ZAKAT DARI RZ DAPAT MENGURANGI PENGHASILAN KENA PAJAK

bu wali-03Bandung. Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 421 Tahun 2015 tanggal 30 Desember 2015, RZ adalah salah satu dari 4 Lembaga Amil Zakat di Indonesia yang diakui sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional oleh pemerintah sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

“Dengan adanya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011, maka setiap LAZ di Indonesia wajib menjalani verifikasi dari Kementrian Agama RI untuk mendapatkan SK sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional. LAZ yang mendapatkan SK inilah yang diberi izin untuk mengelola dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS).” Jelas Nur Efendi, CEO RZ.

Selain mendapat izin untuk mengelola dana Zakat, Infak dan Sedekah, LAZ yang telah diakui sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional juga akan mendapatkan keistimewaan lain, salah satunya adalah berdasarkan surat edaran Kementrian Agama RI nomor DJ.III.4/III/OT.00/702/2016 dimana bukti setor Zakat dan sumbangan wajib keagamaan lainnya yang dikeluarkan Lembaga Amil Zakat Skala Nasional dapat menjadi bukti pengurang Penghasilan kena pajak. Sehingga, para donatur dapat mengurangi besaran penghasilan bruto oleh zakat yang telah ditunaikannya dengan melampirkan bukti setor zakat yang RZ keluarkan saat laporan SPT Pajak Tahunan.

“Mengingat pelaporan SPT Pajak Tahunan via Online diperpanjang hingga 30 April 2016, maka bagi donatur RZ yang belum memiliki bukti setor zakat, silakan langsung menghubungi RZ untuk mendapatkan print out-nya agar dapat dilampirkan saat laporan pajak.” Pungkas Nur Efendi.

Newsroom/Ria Arianti

Tags :
Konfirmasi Donasi