BULAN PUASA, DAHLAN GANDENG RUMAH ZAKAT

JAKARTA. Bulan puasa, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan menggandeng lembaga-lembaga masyarakat yang selama ini menangani penyaluran dana untuk pengusaha kecil dan mikro. “BUMN ingin mencari partner yang andal untuk menangani program kemitraan dan bina lingkungan,” kata Dahlan di manufacturing hope yang ada di www.bumn.go.id, Senin, 18 Juni 2012.

Dahlan mengatakan perusahaan pelat merah seperti PLN, Pertamina, PGN, PTPN, Garuda, Telkom, Semen Gresik, bukan perusahaan yang tidak disiapkan untuk membina pengusaha kecil dan mikro. BUMN tidak mempunyai kemampuan untuk itu. Namun, BUMN-BUMN tersebut berkewajiban menyalurkan sebagian labanya untuk membina pengusaha kecil dan mikro. Menurut Dahlan, nilainya akan sangat besar jika PKBL perusahaan negara itu ditotal, bisa mencapai triliunan.

Tapi, kata Dahlan, BUMN tidak perlu menyalurkan PKBL sendiri. “Saya tidak mau manajemen BUMN gagal menjalankan tugas utamanya karena perhatiannya ke masalah lain,” ujar mantan Direktur Utama PLN ini. Untuk itulah, Dahlan berharap BUMN bekerja sama dengan lembaga penyaluran zakat. Ia menyebutkan lembaga seperti Komunitas Tangan di Atas, ada Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, dan Ustad Syafii Antonio.

Bagi Dahlan, lembaga-lembaga di atas harus bereputasi tinggi, punya pengalaman panjang, teruji, dan benar-benar telah dirasakan manfaatnya oleh pengusaha kecil dan mikro. Lembaga itu juga harus punya kapasitas, sistem, dan manajemen yang memadai untuk membina pengusaha kecil dan mikro dalam jumlah besar.

Sebagai informasi, perusahaan-perusahaan BUMN selalu menyediakan dana PKBL sebesar 1-5 persen dari laba bersih tahun sebelumnya. Total PKBL BUMN tahun ini ditargetkan sebesar Rp 6,16 triliun. Dana tersebut terdiri dari dana pada program kemitraan sebesar Rp 3,59 triliun dan program bina lingkungan sebesar Rp 2,57 triliun. Dari program kemitraan inilah yang akan digunakan untuk membina pengusaha kecil.***

Newsroom/TEMPO.CO
Jakarta

Sumber http://www.tempo.co/read/news/2012/06/18/090411246/Bulan-Puasa-Dahlan-Gandeng-Rumah-Zakat

Tags :
Konfirmasi Donasi