CERIANYA PEMBINAAN ANAK ASUH DI BAITURRAHMAN

ACEH. Rumah zakat melalui program orphan kafalah children oIC mengadakan pembinaan dan kelas parenting untuk wali dan anak asuh yang berada di seputaran kota Banda Aceh. Kegiatan yang berlangsung di Masjid Raya baiturrahman ini diikuti oleh hampir 70 wali dan anak asuh, Minggu (17/3).

Kegiatan dibagi ke dalam dua kelompok, yakni parenting class wali anak yang diasuh oleh Ustazah Hj. Siti Masyitoh S.Ag, M.Pd, salah seorang ustazah di wilayah baiturrahman, dan kegiatan pembinaan untuk anak asuh. Kegiatan parenting class mengambil tema cara mendidik anak seperti Rasullullah dipenuhi dengan diskusi-diskuasi aktif oleh wali yang semuanya terdiri dari ibu-ibu. Bahkan hingga akhir materi, masih ada ibu-ibu yang bertanya dan bercerita secara personil kepada ustazah rita. Karena dirasa bagus dan efektif dalam mendukung perkembangan anak, untuk kedepannya kegiatan parenting class ini akan dibuat berdasarkan wilayah ICD tempat tinggal wali anak.

Untuk kegiatan pembinaan anak dimulai dengan motivasi dan mengingatkan kembali kepada anak untuk beribadah dengan baik, terutama ibadah shalat. Kegiatan selanjutnya diisi dengan penyuluhan kesehatan cara membalut luka kecil. Penyuluhan ini oleh mahasiswi-mahasiswi Stikes U’budiyah Banda Aceh. Diawal penyuluhan mahasiswi-mahasiwi ini memberikan teori-toeri daar seputar luka dan perawatannya, dan mencontohkan cara untuk membersihkan, membalut, dan terakhir membuka/mengganti perban. Selanjutnya beberapa anak asuh diminta untuk mengulang dan mempraktekkannya. Walau masih kaku dan sedikit ragu, Secara garis besar anak-anak asuh ini berhasil mempraktekkannya dengan baik.

Newsroom/Arif Fadhila
Aceh

Tags :
Konfirmasi Donasi