COKELAT KARAKTER BINAAN RUMAH ZAKAT BANJIR PESANAN JELANG LEBARAN

KEBUMEN. Menjelang lebaran, usaha cokelat karakter binaan Rumah Zakat di Desa Blater, Poncowarno, Kebumen mengalami kebanjiran pesanan. Pesanan tidak hanya datang dari daerah Kebumen saja melainkan dari daerah luar Kebumen seperti Purworejo.

Datangnya bulan Ramadhan dan awal bulan Syawal membuat pesanan dari pelanggan meningkat. “Pesanan Cokelat karakter menjelang lebaran meningkat. Kita sampai kewalahan mengerjakan pesanan cokelat karena rata-rata yang memproduksinya adalah pelajar dan pada bulan Ramadhan ini kebetulan sedang UKK (Ujian Kenaikan Kelas). Makanya, kita tidak bisa fokus mengerjakan pesanan cokelat. Paling bisa mengerjakan di hari Minggu ketika sekolah libur” ujar Wiji, Salah satu anggota remaja masjid yang mengelola usaha cokelat karakter binaan Rumah Zakat.

Sampai hari Ahad, (11/06) cokelat yang diproduksi lebih dari 15 kg. “Kita sudah memproduksi lebih dari 15 kg. Angka ini termasuk banyak bagi pemula seperti kami. Apalagi kita belum bisa fokus mengerjakan cokelat, karena harus sekolah juga” tambah Wiji. Menurutnya, cokelat karakter tersebut dijual di pasaran dengan harga Rp. 35.000/toples dan Rp. 125.000/kilogram.

“Waktu kita need assessment kita sengaja pilih pelatihan pembuatan karakter sebagai salah satu program Desa berdaya disini, karena bulan ini menjelang Ramadhan, pasti permitaan cokelat menjelang lebaran akan naik.” ujar Syarifudin, Relawan Rumah Zakat.

Produksi cokelat tersebut akan dilakukan sampai hari ke-20 Ramadhan. Hal tersebut mengingat di 10 hari terakhir Ramadhan remaja masjid akan lebih fokus beribadah di bulan Ramadhan untuk mencari malam lailatul qadar.

Newsroom/Rico

Kebumen

Tags :
Konfirmasi Donasi