[:ID]DUA AMALAN YANG DIANJURKAN AGAR TIDAK PANIK SAAT WABAH[:]

[:ID]Oleh: Ustadz Bobby Herwibowo

Shutdown, lockdown, social distancing dan banyak istilah lain akibat virus corona membuat banyak orang panik. Dikabarkan kepanikan akan virus corona menyebabkan 14 triliun dolar AS menguap dari bursa saham global dan asia dalam sebulan terakhir.

Itu maknanya, ekonomi global lumpuh dengan imbas yang amat parah dirasakan turunannya di berbagai sektor.

Itu juga yang dirasakan di level bawah saat semua harga barang perlahan naik dengan pasti. Ketika banyak orang sedang diimbau untuk #dirumahaja dan mereka tidak bisa mencari nafkah seperti biasanya. Panik, itulah satu kata yang bisa menggambarkan situasi saat ini.

Dalam kondisi ini, saya sarankan agar kita memperbanyak dzikrullah (mengingat Allah). Sebab inilah terapi pasti di saat hati merasa panik!

Allah berfirman:

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka tenang dengan mengingat Allah, ketahuilah dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” [Ar-Rad 13: 28].

Perbanyaklah dua amalan dzikir ini agar hati kita semua tidak lagi dilanda cemas, hingga Allah menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin.

Pertama, dzikir Hasbunallah wa Ni’mal Wakil yang artinya cukuplah Allah menjadi penolong kami.

Doa ini dibaca oleh Nabi Ibrahim saat hendak dilempar ke dalam api. Tidak ada yang membela dan menolongnya saat itu. Ketika ia berpasrah  diri dan membaca doa ini, Allah jadikan api yang membakar menjadi dingin terasa.

Doa ini juga dibaca oleh Nabi Muhammad SAW saat peperangan. Meski jumlah tentara sedikit dan persenjataan terbatas, doa ini menambah keyakinan dan keimanan dan berujung kemenangan yang Allah berikan.

Kedua, dzikir Laa ilaha illa Anta Subhanaka inni kuntu minaz zholimin yang artinya, tidak ada tuhan kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang yang zalim.

Nabi Yunus pernah dalam kondisi kepanikan yang tak terbayangkan. Ditelan ikan paus, di dalam air dan di malam yang gelap. Kegelapan di dalam kegelapan. Panik dan ketakutan. Namun selama masa kepanikan itu, ia terus mengulang doa Laa ilaha illa Anta Subhanaka inni kuntu minaz zholimin. 

Mari kita amalkan dua amalan dzikir ini untuk meredam kepanikan virus corona! Semoga Allah mudahkan segalanya bagi kaum beriman.[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia