DUSUN PANGAN LESTARI, ASRI DAN MENYEHATKAN

dusun-pangan-lestari-asri-dan-menyehatkanCIREBON. Dusun Pangan Lestari yang digagas oleh Relawan Inspirasi Desa Winong saat ini sudah mulai terlihat perkembangannya. Adanya pekarangan yang luas dari rumah para warga di Dusun Manggis dan Dusun Karangmojo menjadi potensi yang perlu dioptimalkan.

Adanya pola hidup konsumerisme juga menjadi latar belakang lain perlunya ada optimalisasi kegunaan pekarangan rumah warga yang luas. Dewasa ini jika memerlukan sayuran untuk dikonsumsi, warga lebih cenderung membelinya di tukang sayur atau pasar yang notabene sayurannya mengandung pestisida. Padahal umumnya mereka memiliki halaman rumah yang luas sehingga bisa berkebun sayur-mayur sendiri.

Oleh karena itu program Dusun Pangan Lestari ini dinilai penting untuk mengedukasi warga mengenai pentingnya mengkonsumsi sayuran organik yang dapat menyehatkan. Relawan Inspirasi membagikan bibit sayuran kepada masing-masing koordinator KWT per RT di dua dusun, yang selanjutnya dibagikan kepada masing-masing warga.

Selanjutnya melalui instruksi pak Lurah, para warga dihimbau membuat rak-rak di depan rumahnya untuk menaruh bibit sayur-mayur yang ditempatkan pada polibag. Selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sayuran, bibit sayur mayur tersebut juga dapat menjadi hiasan rumah.

Saat ini jika melewati rumah-rumah di 4 RT yang ada di dua dusun tersebut, mata kita akan dimanjakan oleh hijauhnya sayur-mayur yang tumbuh subur dalam susunan rak-rak polibag. Selain itu, para anggota KWT yang sudah dilatih untuk membuat pupuk cair organik juga membagikan pupuk tersebut kepada warga di masing-masing RT, harapannya tidak akan ada lagi penggunaan pestisida dalam perawatan tanaman.

Beberapa warga juga membuat bedengan di depan rumahnya dan ditanami berbagai sayuran. KWT dari masing-masing dusun juga memiliki kebun bibit desa. “Nanti akan dirintis kebun gizi di masing-masing desa dengan memanfaatkan kebun milik pak Lurah yang tidak terpakai di 2 dusun tersebut.” kata Relawan Inspirasi.

Warga sangat antusias dengan program ini terbukti dengan mereka melengkapi beebagai jenis sayuran di luar dari bibit yang diberikan dari RZ juga membeli tambahan polibag sendiri. “Kedepan harapannya warga bisa mandiri dalam pemenuhan kebutuhan sayur mayur dan selanjutnya bisa menambah penghasilan warga.” tutupnya.

Newsroom/Wanda Yulianto
Cirebon

Tags :
Konfirmasi Donasi