EKSPEDISI DESTANA TSUNAMI PULAU JAWA BNPB RESMI DI BUKA

BANYUWANGI (12/7). Dalam rangka mewujudkan masyarakat tangguh dalam menghadapi bencana tsunami. BNPB bersama seluruh NGO dan komunitas penggiat penanggulangan bencana, salah satunya Rumah Zakat Action untuk pertama kalinya mengadakan Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami Pulau Jawa.

Ekpedisi ini dimulai dari tanggal 12 Juli hingga 17 Agustus 2019 dengan titik awal di Banyuwangi, Jawa Timur hingga titik akhir di Lebak, Banten.

Ekspedisi Destana Tsunami ini menyisir kawasan rawan tsunami di pantai selatan pulau Jawa dengan total 548 Desa/Kelurahan di 5 Provinsi (Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat, dan Banten).

Kegiatan ini meliputi:

  1. Penguatan Aparatur desa/kecamatan serta Bintara Pembina Desa (Babinsa) terkait Desa Tangguh Bencana Relawan Goes To School
  2. Penilaian ketangguhan desa dalam menghadapi bencana Tsunami
  3. Penanaman vegetasi perlindungan pantai dan papan informasi bencana

Dalam kegiatan ini Rumah Zakat Action turut berpartisipasi dalam sosialisasikan edukasi kebencanaan ke masyarakat di desa Bomo yang mayoritas adalah nelayan sekaligus mengenalkan Siaga Pangan Superqurban di lokasi bencana. Sosialisasi dilakukan di tempat wisata, tempat ibadah, dan tempat pendidikan.

Newsroom

Abdullah Tsabit

Tags :
Konfirmasi Donasi