EKSPEDISI SUPERQURBAN SAMBANGI SUKU DAYAK MERATUS

ekpedisi-superqurban-sambangi-dayak-meratus BANJARMASIN – (13/09) Rumah Zakat (RZ) cabang Banjarmasin bekerjasama dengan Muallaf Center Indonesia (MCI) Kalsel menggelar Ekspedisi Superqurban di desa Patikalain kecamatan Hantakan kabupten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Dalam ekspedisi yang digelar tanggal 10 hingga 11 September ini empat orang tim dari Relawan RZ dan MCI Kalsel menyalurkan sebanyak 589 kaleng kornet Superqurban, 25 paket Iqro, serta pakaian bekas layak pakai yang merupakan donasi dari donatur RZ.

Branch Manager Rumah Zakat Banjarmasin, Sugianur menuturkan bahwa jelang Hari Raya Idul Adha 1437 H tahun ini, RZ cabang Banjarmasin menyalurkan Superqurban ke wilayah pedalaman Kalsel seperti yang ada di Hantakan kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Kali ini kami kerjasama dengan yayasan Muallaf Center Indonesia. Kebetulan ditempat tujuan Ekspedisi Superqurban kali ini banyak yang muallaf dan tidak semua warga beragama Islam, rata-rata ekonomi mereka ada di kelas menengah ke bawah, Hampir semua masyarakat Patikalain berprofesi sebagai petani di sawah, kebun karet, sayur-mayur, buah-buahan, peternak. Selain itu itu kondisi umat muslim disana perlu membutuhkan perhatian, sehingga Expedisi Superqurban dirasakan tapat dilaksanakan di tempat tersebut” ucapnya.

Ya, tujuan Ekspedisi Superqurban ini persis berada di kawasan pegunungan Meratus Kalsel yang sebagian besar dihuni oleh suku Dayak Meratus. “Banyak dari mereka masih menganut agama kepercayaan atau Kristen,” tandasnya.

Meski dilakukan di wilayah yang sebagian besar non muslim tak lantas membatasi penyaluran Superqurban. Justru ini membuktikan bahwa penerima manfaat dari Superqurban adalah seluruh umat yang tak memandang agama, suku, ataupun ras. Sesuai dengan maknanya Islam yang rahmatan lil alamin.

Salah seorang peserta Ekspedisi Superqurban dari MCI Kalsel, Muhammad Irfan menuturkan alasan pihaknya memlilih bekerjasama dengan Rumah Zakat adalah Selain sebagai bentuk silaturrahmi, RZ dinilai mempunyai program tepat untuk membantu sesama yang berada dipedalaman.

“Salah satunya Superqurban. Semoga dengan ekspedisi ini bisa membantu saudara kita yang muallaf khususnya maupun warga sekitar. Sehingga mereka juga turut merasakan berkah hari raya Idul Adha,” tandasnya.

Superqurban dibagikan gratis kepada warga desa Patikalain. Ada 808 warga dengan 158 kepala keluarga yang menerima manfaat dari ekpedisi superqurban ini. “Terima kasih kami ucapkan kepada Rumah Zakat dan Muallaf Center Indonesia. Tentu kami merasa terbantu sekali,” ucap kepala desa Patikalain, Sadiansyah.

Diakui Sadiansyah desanya sangat heterogen dan memang terdiri dari beragam agama. “Namun kami menyambut baik Ekspedisi Superqurban ini,” ucap kades yang mengaku menganut agama kepercayaan ini.

Superqurban adalah salah satu produk inovasi RZ dalam program optimalisasi pelaksanaan ibadah qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi kornet, selain itu produk Superqurban mampu menjawab permasalahan pendistribusian daging qurban sampai ke daerah-daerah pelosok dan terdepan di nusantara. Kornet yang tahan hingga tiga tahun, dapat didistribusikan sepanjang tahun dan efektif untuk membina gizi serta aqidah.

RZ mendapat banyak dukungan dan apresiasi atas penyelenggaraan hingga distribusi program Superqurban, karena dinilai menjadi inovasi optimalisasi daging hewan qurban. Selain mendapat dukungan Superqurban sebagai produk kaya manfaat ini, juga telah dirasakan oleh saudara-saudara kita di wilayah Indonesia Timur, seperti Pulau Tello, Pulau Kayuwadi, Pulau Alor, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Sumba, Pulau Komodo, Pulau Buton, Pulau Obi hingga Pulau Raja Ampat.

Newsroom/Misran
Banjarmasin

Tags :
Konfirmasi Donasi