MENUJU SEKOLAH LITERASI, SD JUARA INI AKTIF PERINGATI BULAN BAHASA

menuju-sekolah-literasi-sd-juara-ini-aktif-peringati-bulan-bahasaSURABAYA. Bulan Oktober identik dengan peringatan Sumpah Pemuda. Disamping itu, ada kegiatan yang patut diperingati sebagai wujud kecintaan kita kepada Negara Indonesia. Kegiatan tersebut adalah peringatan Bulan Bahasa.

Peringatan Bulan Bahasa di SD Juara Surabaya pada (20/10) diperingati dengan pengadaan berbagai rangkaian lomba. Lomba yang diadakan adalah lomba membaca puisi, bercerita (story telling), mengeja (spelling), membuat poster, dan juga komik. Lomba baca puisi dan bercerita diikuti oleh siswa kelas 3 hingga kelas 6. Lomba mengeja diikuti oleh siswa kelas 1 hingga kelas 3. Sedangkan lomba membuat poster dan komik diikuti oleh peserta dari siswa kelas 3 hingga kelas 6. Selain untuk siswa, lomba juga diikuti oleh orang tua siswa jura. Lomba yang akan diikuti adalah lomba menulis cerita dan mencipta puisi.

“Saya senang mengikuti lomba puisi dan mengeja. Awalnya saya ngredeg (red: gugup) terus saya tarik nafas panjang, berdoa dalam hati, kemudian saya membaca”, ujar Davina salah satu peserta lomba baca puisi dan mengeja.

“Dengan kali pertama diadakannya peringatan bulan bahasa ini, pihak guru bisa mengetahui kemampuan berbahasa dan berliterasi siswa. Siswa juga bisa lebih percaya diri saat berada di depan siswa yang lain.”, ujar Ibu Yuswaningsih, salah satu juri lomba mengeja.

Bapak Suradin, kepala SD Juara Surabaya menuturkan, “Alhamdulillah, acara peringatan Bulan Bahasa 2016 dapat berjalan. Mudah-mudahan mampu menjadi awalan yang baik untuk menuju sekolah literasi. Anak-anak memiliki kegemaran dalam membaca supaya wawasan mereka semakin terbuka dan mampu melihat dunia dengan beragam sudut pandang.”. Peringatan bulan bahasa direncanakan akan diadakan tiap tahun meskipun dengan format lomba yang berbeda.

Newsroom/Fu
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi