ESKUL AGRO, GENERASI PERINTIS KETAHANAN PANGAN

ESKUL AGRO, GENERASI PERINTIS KETAHANAN PANGANCIMAHI. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan penunjang pembelajaran yang dilaksanakan di luar jam tatap muka, selain itu ekstrakurikuler juga sebagai ajang dan wahana menciptakan suasana dan nuansa baru bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar akademis dan mengakomodasi minat dan bakat siswa.

SD Juara Cimahi yang merupakan sekolah binaan RZ menghadirkan beragam kegiatan ekstrakurikuler untuk mengakomodasi kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) para siswa. Salah satunya adalah Ekskul agro, Ekskul ini dibuat untuk memfasilitasi Natural Intelligence yang dimiliki siswa, tidak hanya itu melalui eskul ini para siswa belajar proses kehidupan yang tidak instan, semuanya harus melalui proses yang terkadang sangat panjang.

Menurut Suhud Al Hakim, wakil kepala sekolah bagian Kesiswaan Eskul agro pun memiliki tujuan jangka panjang. “Tujuan jangka panjang, mempersiapkan generasi perintis ketahanan pangan” ujar suhud pada saat dimintai keterangan, Rabu (01/02)

Suhud melanjutkan bahwa Ekskul agro Mulai dibuka pada Semester 1 tahun Pelajaran 2016/2017, pada awal pembukaan ekskul, siswa sangat antusias untuk masuk. Tercatat tidak kurang dari 50 siswa yang berminat untuk bergabung dalam eskul ini. Pada perjalannya sempat berkurang peserta kelas 6 karena fokus UN. Namun tergantikan dengan kelas 1 yang mulai mengisi kekosongan dengan semangat yang jauh lebih hebat. Kini peserta hanya kelas 1-5 dan Jumlah anggota aktif sebanyak 34 siswa.

Ekskul agro kini menjadi salah satu eskul yang mulai terlihat kesuksesannya, para peserta eskul sudah mulai menikmati berbagai proses pertanian. Pada awal dibuka memang beberapa siswa terlihat sangat tidak senang ketika bersentuhan dengan pupuk kandang atau sejenisnya. Namun sekarang sudah tidak aneh lagi bahkan taman-taman yang ada di sekolah dapat mulai dirawat oleh tim Eskul Agro. Rencananya tanaman yang saat ini masih dalam proses perawatan, Jika suatu saat panen, maka hasil panen itu akan diolah sendiri menjadi produk agro, bisa berupa makanan, minuman atau hal lain yang bisa dinikmati bersama.

Suhud Berharap Dengan adanya ekskul ini kecerdasan natural anak semakin terfasilitasi. Siswa bisa cinta alam, sekaligus belajar tentang segala proses kehidupan dari alam. Pada akhirnya nanti, generasi ini bisa benar-benar bersahabat dengan alam serta menjadi solusi bagi keluarga dan negaranya.

Newsroom/Lailatul Istikhomah
Cimahi

Tags :
Konfirmasi Donasi