EXPEDISI RELAWAN RZ : SEMANGATI ANAK – ANAK DUSUN UNTUK BERCITA CITA TINGGI

EKPEDISI RELAWAN rz SEMANGATI ANAK DUSUN UNTUK BERCITA- CITA TINGGIMALANG. Relawan Nusantara RZ Malang bersama RZ Malang bersinergi melaksanakan kegiatan Ekspedisi Bhakti Relawan pada tanggal 28-29 Januari 2017, tujuan dari kegiatan ini adalah membantu dusun dusun di pelosok kabupaten Malang dan sekitarnya dalam hal pendidikan, kesehatan,dan kebersihan.

Dalam kegiatan ekspedisi ini ada berbagai macam aksi yang dilaksanakan antara lain penyuluhan kesehatan, membersihkan masjid dan penyuluhan pendidikan serta mendongeng.

Kegiatan mendongeng ini sengaja diadakan karena ada satu alasan khusus yaitu karena anak anak di dusun Bales ini mempunyai minat belajar yang sangat rendah, dari sekitar 150 an anak anak yang ada disana mungkin tidak lebih dari separuhnya yang mau melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMP, dan lebih sedikit lagi yang mau melanjutkan ke SMA.

Hal ini terjadi karena beberapa alasan, yang pertama adalah letak sekolah yang jauh dari rumah mereka, sekitar 4-5 km dengan kondisi jalan yang cukup buruk, faktor berikutnya adalah tradisi yang mana banyak anak anak disana merasa cukup bersekolah sampai jenjang SD/SMP.

Berdasarkan kondisi itulah maka Relawan RZ sepakat mengangkat cerita mengenai pentingnya bersekolah setinggi tingginya dalam dongeng tersebut.

Relawan RZ membawakan dongeng dalam drama kecil yang beranggotakan anak anak dusun Bales sendiri dan dimoderatori oleh Pandu salah satu relawan RZ Malang. “Cerita dimulai dengan beberapa anak yang masuk ke dalam kelas untuk mengikuti pelajaran, ketika sang guru bertanya kepada semua anak apa cita cita mereka, ada yang ingin jadi dokter, tentara, polisi, guru dll, tapi ada satu anak yang cita citanya justru ingin jadi pengemis, ketika ditanya alasannya si anak menjawab, menjadi pengemis itu enak tidak usah sekolah tidak usah kerja dapat uang banyak, seiring berjalannya waktu semua anak di kelas itu menjadi orang sukses karena mereka terus belajardan terus mau sekolah sampai ke perguruan tinggi semantara anak yang bercita cita jadi pengemis akhirnya hanya jadi pengemis seumur hidupnya” Jelas Pandu, sang pendogeng dalam Bhakti Relawan

Kegiatan yang berakhir pada pukul 10.30 WIB ini ditutup dengan membuat pesawat mimpi, setelah itu satu persatu anak meneriakkan nama lengkapnya dan menerbangkan pesawat mimpinya setelah itu, kegiatan ini diakhiri dengan menerbangkan pesawat mimpinya bersama sama.Kegiatan ini berjalan dengan sangat lancar.

Relawan RZ, Manda selaku panitia kegiatan merasa senang dapat menggelar  ekpedisi ini “Senang dan bahagia mendengar adik – adik banyak yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang paling tinggi setelah melihat dongeng kami, Harapan saya dan teman teman relawan semua adalah semoga seluruh anak anak di dusun ini di beri kemudahan dalam mencapai seluruh cita citanya, dan bisa membangun dan membanggakan desa mereka bersama sama”

Newsroom/Sandi 

Malang

Tags :
Konfirmasi Donasi