GALLERY WALK DI SMP JUARA PEKANBARU

PEKANBARU. (16/11). Gallery Walk ialah galeri belajar yang merupakan suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah dipelajari siswa selama berlangsungnya pembelajaran. Metode ini dipraktekkan oleh siswa-siswi kelas 8 di SMP Juara Pekanbaru.

Terdiri dari tahap praktik mengidentifikasi bahan makanan yang mengandung lemak dan selanjutnya mempresentasikan hasil praktikumnya dengan metode Gallery Walk. Metode ini baik digunakan untuk membangun kerja sama kelompok serta pembelajaran aktif, saling memberi apresiasi dan koreksi dalam belajar.

Metode Gallery Walk adalah metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat suatu karya baik berupa gambar maupun skema sesuai hal-hal apa yang ditemukan atau diperoleh pada saat diskusi yang dilakukan di setiap kelompok belajar. Hasilnya untuk dipajang di dinding atau di depan kelas.

Kemudian, masing-masing kelompok diskusi menyiapkan satu orang wakil, untuk mempresentasikan hasil diskusi yang dibuat di kertas karton, dan ditempel di dinding atau di depan kelas. Sedangkan kelompok lain mendengarkan presentasi serta mengoreksi hasil karya, secara bergantian dari kelompok satu ke kelompok yang lain sambil berjalan mengelilingi karya-karya yang digalerikan. Setelah selesai pameran gallery, kemudian saatnya diskusi kelompok dan saling menanggapi.

“Saya melihat karya dari kelompok Firja sederhana sekali tetapi penjelasan yang mereka jabarkan cukup rinci sehingga kami dapat memahami maksudnya dengan baik.” tutur Regina saat diskusi berlangsung.

Gallery Walk juga dapat memotivasi keaktifan dan kreatifitas siswa dalam proses belajar, sebab bila sesuatu yang baru ditemukan berbeda antara satu dengan yang lainnya maka, dapat saling mempresentasikan atau mengkoreksi, baik kelompok maupun antar siswa itu sendiri.

Newsroom
Yuliza Fitri/Abdullah Tsabit

Tags :
Konfirmasi Donasi